Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makna Tema Hari Bumi 22 April “Invest in Our Planet”

Pada hari ini, Kamis (22/4/2022) adalah peringatan Hari Bumi dengan tema Invest in Our Planet.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 22 April 2022  |  08:26 WIB
Relawan Mangrove Tomini (Remot) menanam bakau di pesisir pantai Mertasari, Teluk Tomini, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin (22/4/2019). - ANTARA/Basri Marzuki
Relawan Mangrove Tomini (Remot) menanam bakau di pesisir pantai Mertasari, Teluk Tomini, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin (22/4/2019). - ANTARA/Basri Marzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Pada hari ini, Kamis (22/4/2022) adalah peringatan Hari Bumi. Tema Hari Bumi tahun 2022 menurut Earth Day adalah "Invest in Our Planet" atau Berinvestasi di Planet Kita.

Peringatan Hari Bumi tahun 2022 juga ditandai dengan digelarnya Earth Day Climate Action Summit yang ditayangkan Earth Day secara streaming.

Earth Day menyebut perlu dicapai target nol emisi gas rumah kaca pada pertengahan abad untuk menjaga suhu global di bawah 1,5 derajat Celsius.

“Bergabunglah bersama kami untuk mempelajari tentang beberapa solusi utama yang akan membantu kami mewujudkan pengurangan gas rumah kaca yang dibutuhkan pada tahun 2030 untuk memenuhi Perjanjian Paris,” tulis Earth Day.

Ditegaskan, bahwa saatnya seluruh pihak untuk berubah demi Bumi yang lebih baik, termasuk: iklim bisnis, iklim politik, dan bagaimana tindakan untuk menghadapi perubahan iklim.

Artinya, menyelamatkan Bumi menjadi tanggung jawab semua orang yang tinggal di Bumi.

Earth Day menekankan, kini saatnya bergerak nyata dengan menjaga dan melindungi kesehatan, keluarga, dan mata pencaharian manusia.

“Kita harus berinvestasi di planet kita, karena masa depan yang hijau adalah masa depan yang sejahtera.”

Peringatan Hari Bumi untuk meningkatkan kesadaran terhadap bumi yang ditinggali manusia, termasuk melindungi lingkungannya.

Hari Bumi dicanangkan oleh Senator Gaylord Nelson. Terjadinya tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California pada 1969 mendorong ditetapkannya Hari Bumi.

Sejarah Hari Bumi atau Earth Day yang diperingati setiap tanggal 22 April pertama kali diselenggarakan pada 22 April 1970 di Amerika Serikat (AS). Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.

Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu, dia memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi.

Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas dan mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970.

Saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para “perusak bumi”.

Momen menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari bumi perubahan iklim emisi gas rumah kaca
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top