Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Faktor Penyebab Krisis Sri Lanka Berujung Bangkrut dan Bentrok Polisi Vs Demonstran

Kemarahan terhadap penanganan krisis ekonomi yang parah oleh pemerintahan Presiden Sri Lanka Gotabaya di negara kepulauan berpenduduk 22 juta orang itu meningkat menjadi kekerasan.
Sri Lankan saat pembatasan sosial selama pandemi Covid-19/Bloomberg
Sri Lankan saat pembatasan sosial selama pandemi Covid-19/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Kemarahan terhadap penanganan krisis ekonomi yang parah oleh pemerintahan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa di negara kepulauan berpenduduk 22 juta orang itu meningkat menjadi kekerasan pada Kamis (21/4/2022) malam.

Dilansir dari indianexpress.com, Jumat (22/4/2022), ratusan pengunjuk rasa bentrok dengan polisi selama beberapa jam. Kekurangan mata uang asing yang parah telah membuat pemerintah Rajapaksa tidak mampu membayar impor penting, termasuk bahan bakar, yang menyebabkan pemadaman listrik yang berlangsung hingga 13 jam.

Warga Sri Lanka juga menghadapi kekurangan dan inflasi yang melonjak, setelah negara itu secara tajam mendevaluasi mata uangnya bulan lalu menjelang pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk program pinjaman.

Perjalanan Krisis

Para kritikus mengatakan bahwa akar dari krisis, yang terburuk dalam beberapa dekade, terletak pada salah urus ekonomi oleh pemerintah berturut-turut yang menciptakan dan mempertahankan defisit kembar – kekurangan anggaran di samping defisit transaksi berjalan.

“Sri Lanka mengalami ekonomi defisit kembar klasik,” menurut catatan ‘2019 Asian Development Bank’.  

“Defisit kembar menandakan bahwa pengeluaran nasional suatu negara melebihi pendapatan nasionalnya, dan bahwa produksi barang dan jasa yang dapat diperdagangkan tidak memadai.”

Tetapi, krisis saat ini dipercepat oleh pemotongan pajak yang dijanjikan oleh Rajapaksa selama kampanye pemilihan 2019 yang diberlakukan beberapa bulan sebelum pandemi Covid-19.

Dengan industri pariwisata yang menguntungkan di negara itu dan pengiriman uang dari pekerja asing yang dilemahkan oleh pandemi, lembaga pemeringkat kredit menurunkan peringkat Sri Lanka dan secara efektif menguncinya dari pasar modal internasional.

Pada gilirannya, program manajemen utang Sri Lanka, yang bergantung pada akses ke pasar tersebut, tergelincir dan cadangan devisa anjlok hampir 70 persen dalam dua tahun.

Keputusan pemerintahan Rajapaksa untuk melarang semua pupuk kimia pada tahun 2021, sebuah langkah yang kemudian dibalik, juga memukul sektor pertanian negara itu dan memicu penurunan panen padi yang kritis.

Faktor Penyebab Krisis Sri Lanka Berujung Bangkrut dan Bentrok Polisi Vs Demonstran

Kemarahan terhadap penanganan krisis ekonomi yang parah oleh pemerintahan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa meningkat menjadi kekerasan pada Kamis (21/4/2022) malam./Istimewa

Utang Luar Negeri

Pada Februari, negara itu hanya memiliki cadangan US$2,31 miliar, tetapi menghadapi pembayaran utang sekitar US$ 4 miliar pada tahun 2022, termasuk obligasi negara internasional (ISB) senilai US$1 miliar yang jatuh tempo pada bulan Juli.

ISB merupakan bagian terbesar dari utang luar negeri Sri Lanka sebesar US$12,55 miliar, dengan Bank Pembangunan Asia, Jepang, dan China di antara pemberi pinjaman utama lainnya.

Dalam tinjauan ekonomi negara yang dirilis bulan lalu, IMF mengatakan bahwa utang publik telah meningkat ke "tingkat yang tidak berkelanjutan" dan cadangan devisa tidak cukup untuk pembayaran utang jangka pendek.

Dalam sebuah catatan akhir bulan lalu, Citi Research mengatakan bahwa kesimpulan laporan IMF dan langkah-langkah pemerintah baru-baru ini tidak cukup untuk memulihkan kesinambungan utang, dengan kuat menunjukkan perlunya restrukturisasi utang”.

Faktor Penyebab Krisis Sri Lanka Berujung Bangkrut dan Bentrok Polisi Vs Demonstran

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa./Istimewa

Siapa yang membantu Sri Lanka?

Selama berbulan-bulan, pemerintahan Rajapaksa dan Bank Sentral Sri Lanka (CBSL) menolak seruan para ahli dan pemimpin oposisi untuk mencari bantuan dari IMF meskipun ada risiko yang meningkat. Tetapi setelah harga minyak melonjak setelah invasi Rusia ke Ukraina pada akhir Februari, pemerintah akhirnya menyusun rencana untuk mendekati IMF pada bulan April.

IMF akan memulai diskusi dengan pihak berwenang Sri Lanka tentang kemungkinan program pinjaman dalam "beberapa hari mendatang", kata juru bicara IMF pada hari Kamis (21/4/2022).

Sebelum menuju ke IMF, Sri Lanka secara tajam mendevaluasi mata uangnya, yang selanjutnya memicu inflasi dan menambah penderitaan masyarakat, banyak dari mereka mengalami kesulitan dan antrean panjang.

Untuk sementara, Rajapaksa juga telah meminta bantuan dari China dan India, khususnya bantuan bahan bakar dari India. Pengiriman diesel di bawah batas kredit US$ 500 juta yang ditandatangani dengan India pada bulan Februari diperkirakan akan tiba pada hari Sabtu (23/4/2022).

Sri Lanka dan India telah menandatangani batas kredit US$1 miliar untuk mengimpor kebutuhan pokok, termasuk makanan dan obat-obatan, dan pemerintah Rajapaksa telah meminta setidaknya US$1 miliar lagi dari New Delhi.

Setelah memberikan CBSL US$1,5 miliar dan pinjaman sindikasi US$1,3 miliar kepada pemerintah, China sedang mempertimbangkan untuk menawarkan fasilitas kredit US$1,5 miliar kepada negara kepulauan itu dan pinjaman terpisah hingga US$1 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper