Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merger Indosat (ISAT)-Tri, KPPU Lakukan Penilaian Menyeluruh

Penilaian menyeluruh terhadap merger Indosat dan Tri akan dilaksanakan paling lama 90 hari ke depan, hingga sekitar tanggal 7 September 2022.
Logo Tri Indonesia dan Indosat
Logo Tri Indonesia dan Indosat

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan penilaian menyeluruh terhadap notifikasi transaksi merger PT Hutchinson 3  Indonesia ke PT Indosat, Tbk (ISAT).

Penilaian menyeluruh tersebut akan dilaksanakan paling lama 90 hari ke depan, hingga sekitar tanggal 7 September 2022.

"Jangka waktu penilaian ini dapat berubah jika pemerintah mengeluarkan peraturan atau kebijakan cuti bersama atau libur nasional baru," demikian keterangan resmi KPPU, Jumat (22/4/2022).

Adapun penilaian akan difokuskan pada beberapa analisis seperti hambatan masuk pasar termasuk kebijakan pemerintah di pasar layanan telekomunikasi seluler, potensi perilaku anti persaingan, efisiensi, dan/atau kepailitan.

Setelah penilaian, KPPU akan mengeluarkan penetapan, bisa berupa ada atau tidaknya dugaan praktik monopoli atau persaingan usaha tidak sehat, atau persetujuan bersyarat atas transaksi tersebut.

Seperti diketahui, PT Indosat, Tbk (Indosat) melakukan notifikasi ke KPPU atas penggabungan badan usaha PT Hutchinson 3 Indonesia (Hutchinson) ke dalam Indosat pada tanggal 26 Januari 2022.

KPPU menyatakan mempertimbangankan bahwa status badan hukum Hutchinson berakhir secara hukum pada tanggal 4 Januari 2022, notifikasi tersebut masih berada dalam jangka waktu notifikasi ke KPPU yang diperkenankan (di bawah 60 hari setelah tanggal efektif secara yuridis).

Pascanotifikasi, KPPU melakukan klarifikasi atas kelengkapan dokumen dan melakukan penelitian atas transaksi penggabungan tersebut. 

Hasil penelitian KPPU atas perhitungan konsentrasi pasar melalui Herfindahl Hirschman Index (HHI) menyimpulkan bahwa nilai HHI transaksi tersebut berada di atas 2.500 dan dengan perubahan HHI sebelum dan sesudah transaksi di atas 150.

Artinya melalui analisis konsentrasi tersebut, penilaian atas transaksi dilaksanakan melalui suatu penilaian menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper