Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-50: Rusia Terus Hajar Ukraina

Perang Rusia vs Ukraina belum berakhir. Ukraina mengklaim ada serangan rudal ke kapal Moskva yang berada di Laut Hitam.
Anggota pasukan pro-Rusia melakukan penggeledahan di sebuah rumah selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko
Anggota pasukan pro-Rusia melakukan penggeledahan di sebuah rumah selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-50. Pada hari ini, Intelijen Ukraina melaporkan bahwa tentara Rusia telah memindahkan semua peralatan militer yang diperlukan dan siap untuk melancarkan serangan di Donbas.

Di sisi lain, pada hari ini juga pihak Ukraina mengklaim jika serangan rudal ke kapal Moskva yang berada di Laut Hitam merupakan serangan mereka. Akibat dari serangan tersebut, kapal Rusia tersebut mengalami kebakaran karena gudang amunisi kapal yang meledak.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Kamis (14/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Sloboda

Daerah Kharkiv

Setelah di hari kemarin, konvoi tentara Rusia sudah mendekati Izium. Pada hari ini pasukan Ukraina menyergap konvoi Rusia di selatan Izium dan hasilnya mereka berhasil  menghancurkan/menangkap beberapa kendaraan milik Rusia. 

Di sisi lain, pasukan Rusia menyergap unit pertahanan teritorial Ukraina di dekat Kharkiv dan membunuh beberapa prajurit. Dan diketahui, penembakan di Kharkiv berlanjut hingga hari ini.

Daerah Luhansk

Di Luhansk, pasukan Rusia sejauh ini tidak dapat maju lebih jauh di dekat Rubizhne, Sievierodonetsk, Lysychansk, dan Popasna. Dan situasi sama seperti kemarin.

Garis Depan Pryazovia

Daerah Donetsk

Setelah pada hari lalu Brigade Mekanik ke-30 Ukraina menargetkan posisi Rusia di dekat Svitlodarsk dan tentara Rusia menembaki Avdiivka. Per hari ini Avdiivka masih menjadi tempat terpanas serangan Rusia di Donetsk. 

Sebab tentara Rusia terus menembaki kota dan meluncurkan beberapa serangan skala kecil dalam upaya untuk menerobos garis Ukraina, meskipin semua upaya tidak membuahkan hasil.

Daerah Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan signifikan di lapangan, situasi tetap sama dengan hari kemarin. Akan tetapi, pasukan Rusia menembaki pasukan Ukraina di dekat Orikhiv dengan amunisi pembakar.

Garis Depan Selatan

Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Daerah Kherson

Tidak ada perubahan di kota Kherson, situasi tetap sama dengan hari kemarin. Akan tetapi, pada hari ini Pasukan Ukraina menembak jatuh sebuah UAV  (Pesawat tanpa awak) milik Rusia di kota Kherson. Dilaporkan tujuh warga sipil tewas di Pryvdine akibat serangan artileri di desa tersebut.

Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, terobosan Brigade Marinir ke-36 Ukraina dari Azovmash menuju Azovstal dikonfirmasi hari ini, ketika komandan Azov dan Brigade Marinir ke-36 menerbitkan pernyataan video bersama.

Namun, setidaknya selusin prajurit tidak berhasil dan telah ditangkap oleh pihak Rusia. Brigade juga kehilangan setidaknya satu T-80BV selama operasi. Pasukan Rusia kemudian merebut pabrik Azovmash yang berada di Mariupol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper