Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi! Awal Puasa Ramadan Jatuh Pada Minggu 3 April 2022

Sidang isbat menetapkan awal Ramadan 1443 H pada Minggu, 3 April 2022.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas./Istimewa
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui sidang isbat menetapkan awal Ramadan pada hari Minggu (3/4/2022).

"Posisi hilal masih di bawah 3 derajat. Dengan demikian, pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Minggu," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Staquf, Jumat (1/4/2022).

Sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama ini akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag yakni Thomas Djamaluddin pada pukul 17.00 WIB.

Adapun pemaparan posisi hilal disaksikan melalui live streaming Youtube, Bimas Islam.

"Sidang Isbat penetapan 1 Ramadan 1443 Jumat 1 April 2022. Seminar posisi hilal pukul 17.00, terbuka untuk umum via zoom/live streaming channel youtube Bimas Islam," tulis jadwal sidang Isbat Kemenag, Jumat (1/4/2022).

Selanjutnya, pada pukul 18.00 sidang isbat secara tertutup, diawali salat Magrib. Selanjutnya pukul 19.15 yakni telekonferensi pers penetapan 1 Ramadan 1443 Hijriah.

Dikutip melalui akun instagram resminya, @kemenag_ri, sidang akan diselenggaraan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jl MH Thamrin No. 6 Jakarta ini dimulai sekitar pukul 17:00 WIB hingga 19:15 WIB.

"Pengumuman Hasil Sidang Isbat akan disiarkan langsung TVRI (TV Pool), RRI, serta website dan youtube Kemenag." tulis Kemenag di akun instagram resminya, @kemenag_ri, Jumat (1/4/2022).

Pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan menyaksikan hasil sidang Isbat penetapah 1 Ramadhan 1443 H ini di rumah masing-masing.

"Karena masih pandemi #SahabatReligi tetap menjalankan protokol kesehatan dan menyaksikan hasil penetapan 1 Ramadan di rumah masing2 bersama keluarga tercinta," tambah Kemenag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper