Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Ramadan, Satgas Pangan Jamin Stok Minyak Goreng hingga Cabai Aman

Satgas Pangan Polri menegaskan ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat jelang puasa dan Lebaran tahun ini mencukupi berdasarkan pantauan dan paparan data yang dihimpun dari kementerian terkait.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  21:13 WIB
Jelang Ramadan, Satgas Pangan Jamin Stok Minyak Goreng hingga Cabai Aman
Kebutuhan pokok di pasar tradisional. - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Satuan Tugas atau Satgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika melakukan rapat koordinasi internal untuk mengevaluasi ketersediaan dan harga pangan jelang Ramadan dan Idulfitri.

Helmy menegaskan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat jelang puasa dan Lebaran tahun ini mencukupi berdasarkan pantauan dan paparan data yang dihimpun dari kementerian terkait.

“Adapun beberapa komoditas yang menjadi hotspot selain minyak goreng, yaitu gula, daging sapi dan kedelai karena pemenuhannya bergantung pada impor dan harga dipengaruhi oleh perkembangan global,” kata Helmy dalam keterangannya, Rabu (30/3/2022).

Dia juga menyebut ketersediaan stok komoditas lokal seperti bawang merah dan cabai aman.

Menurut Staf Ahli Kapolri Bidang Manajemen itu, pemerintah telah mengambil sejumlah langkah antisipasi melalui realisasi importasi gula, daging sapi, dan kedelai untuk tujuan pemenuhan ketersediaan di dalam negeri.

“Strategi komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan untuk mendiskusikan permasalahan yang terjadi dan penyelesaiannya,” kata Helmy.

Lebih lanjut, Helmy menegaskan Satgas Pangan akan tetap mendalami dan menindaklanjuti informasi-informasi yang masuk terkait adanya dugaan pihak-pihak yang berlaku curang atas komoditas untuk keuntungan pribadi. Dia juga memastikan laporan akan ditangani secara objektif, prosedural, profesional dan transparan.

Helmy juga memberikan sejumlah penekanan dalam rakor tersebut. Pertama, Satgas Pangan harus melakukan pengawasan dan memastikan kelancaran distribusi minyak goreng yang saat ini tengah distabilkan oleh pemerintah.

Kedua, terkait komoditas lain menjelang bulan puasa dan Lebaran, Satgas Pusat dan Daerah diminta melakukan pengecekan langsung di sentra-sentra pangan seperti Brebes, Magelang, Temanggung, dan lain-lain.

“Kunjungi petani, pedagang sampai ke pasar untuk bisa berkomunikasi dengan baik, serap apa yang menjadi permasalahan,” jelas mantan Dittipideksus Bareskrim ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga bahan pangan minyak goreng Ramadan Satgas Pangan
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top