Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Link Live Streaming Sidang Isbat, 3 Tahap Penetapan Awal Ramadan 1443 H

Banyak masyarakat yang bertanya-tanya, kapan mulai puasa ? Saksikan penentuan awal Ramadan di Indonesia.
Sidang isbat akan menentukan awal puasa Ramadan
Sidang isbat akan menentukan awal puasa Ramadan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan melakukan sidang isbat pada Jumat (1/4/2022), untuk menentukan awal puasa Ramadan.

Sidang isbat ini akan dilaksanakan secara hybrid karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan hybrid merupakan gabungan dari dalam jaringan (daring) dan luring luar jaringan (luring).  Untuk pelaksanaan luring Kemenag akan menegaskan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin menjelaskan tentang pelaksanaan sidang isbat ini. Dalam pelaksanaan luring akan dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Lalu, untuk daring peserta akan melaksanakannya melalui telekonferensi jaringan internet.

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, ruang sidang telah disemprot disinfektan dan tempat duduk diatur berjarak. Peserta juga akan diperiksa suhu tubuh dan harus menggunakan masker," ujar Kamaruddin.

Lalu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan bahwa sidang isbat ini digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah. 

Turut hadir dalam gelaran sidang isbat ini Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Lalu ada juga perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya. 

Sidang isbat tahun ini akan melewati tiga tahap, yang pertama untuk memaparkan posisi hilal awal Ramadan 1443 dengan perhitungan astronomi pada 17.00 WIB. Sesi ini bisa dilihat melalui live streaming, 

Selanjutnya tahap dua akan dilakukan secara tertutup setelah salat Magrib. Pada tahap ini akan ada perundingan penentapan awal Ramadan 1443 H dengan merujuk rukyatul hilal dari 78 lokasi di seluruh Indonesia. 

Dan tahap terakhir akan ada telekonferensi pers hasil sidang isbat yang disiarkan secara langsung TVRI dan media sosial Kemenag. Ini link TVRI dan link Kemenag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper