Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Pendaftaran dan Tata Cara Ujian SIMAK UI 2022

SIMAK UI merupakan ujian seleksi terpadu yang diselenggarakan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UI.
Kain merah putih raksasa terbentang di Gedung Rektorat Kampus UI Depok./Antara
Kain merah putih raksasa terbentang di Gedung Rektorat Kampus UI Depok./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Seleksi masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) merupakan ujian seleksi terpadu yang diselenggarakan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UI.

Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Magister dan Doktor.

Seperti dilihat dari laman UI, Senin (28/3/2022), untuk Program Vokasi (D3/D4), S1 Reguler, dan S1 Palarel pendaftaran akan dimulai pada Mei-Juni 2022, sedangkan pelaksanaan dan pengumumannya akan dilakukan pada Juli.

Sedangkan S1 Kelas Internasional, S1 Ektsensi/Paralel D3, Profesi, Magister dan Doktor pelaksanaan pendaftarannya, ujian dan pengumumannya akan diumumkan kemudian.

Berikut tata cara pelaksanaan ujian SIMAK UI yang wajib dipatuhi peserta:

Perangkat ujian

•Laptop dengan kamera; atau

•Komputer desktop dengan webcam; atau

•Tablet

•HP (landscape / horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720.

Peserta hanya memerlukan satu perangkat. Perangkat ujian diharapkan memiliki kamera yang berfungsi dengan baik dan menghadap peserta selama ujian berlangsung. Disarankan menyiapkan perangkat cadangan.

Aplikasi

•Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome versi stable terbaru

Browser selain di atas atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser. Atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya.

Peraturan pelaksanaan ujian

1. Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui nomor ujian, jadwal ujian, serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian.

2. Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung.

3. Peserta memakai pakaian rapi.

4. Peserta mengakses laman ujian sesuai jadwal ujian yang ditentukan.

5. Log in menggunakan nomor ujian dan identitas yang tertera di kartu ujian.

6. Peserta membaca tata tertib ujian.

7. Peserta menuliskan kode ujian yang ada di halaman ujian pada selembar kertas (disarankan 10 x 20 cm) dan menempelkannya di baju. Kode ujian berbeda dengan nomor ujian. Kode ujian terlihat oleh kamera.

8. Peserta mengizinkan akses (allow access) kamera pada browser dan memeriksa kesesuaian status rekaman (camera feed) yang muncul di sebelah kiri halaman ujian.

9. Peserta mengklik checkbox pernyataan agar dapat memulai ujian

10. Peserta mulai mengerjakan ujian sesuai waktu pelaksaaan ujian.

11. Selama ujian tidak diperkenankan: berbicara dengan orang lain, digantikan atau menggantikan orang lain, menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di internet, atau dibantu/diwakilkan pihak lain, meninggalkan perangkat ujian dan pergi ke tempat lain, berpindah dari halaman ujian dan mengakses aplikasi lain, menggunakan alat bantu seperti kalkulator, hilang dari pantauan kamera.

Selanjutnya, peserta tidak bisa mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian.

12. Selama ujian diperkenankan: menggunakan kertas coret, menyediakan perangkat cadangan, menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. Tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru

13. Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya.

14. Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta atau gangguan teknis lainnya.

Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apa pun termasuk dengan alasan tidak dapat mengikuti ujian.

Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2022 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian. Menu Log in baru dibuka setelahnya (15 menit sebelum ujian). Jika laman tidak berubah, muat ulang laman (refresh).

Informasi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengunjungi laman ujian yang tertera di kartu ujian menjelang pelaksanaan ujian. Setidaknya, sempatkan mengunjungi laman ujian pada H-1 untuk memantau jika ada tambahan informasi. Muat ulang laman ujian jika hingga waktu ujian, laman untuk log in belum terlihat.

Pembatalan hasil seleksi

Panitia Seleksi Universitas Indonesia dapat membatalkan hasil seleksi peserta jika terindikasi melakukan kecurangan atau hal-hal yang tidak diperkenankan selama ujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper