Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Pesiar Senilai Rp10 Triliun Diduga Milik Vladimir Putin Dilengkapi Gym, Salon Kecantikan dan 2 Helipad

Kapal pesiar pribadi senilai US$700 miliar (£500m) atau setara Rp10 triliun milik Presiden Rusia Vladimir Putin disembunyikan di lepas pantai barat Italia.
Tangkapan layar - Di tengah amuk perang Rusia vs Ukraina, beredar kabar bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki kapal pesiar supermewah senilai US$700 juta atau Rp10 triliun./Youtube
Tangkapan layar - Di tengah amuk perang Rusia vs Ukraina, beredar kabar bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki kapal pesiar supermewah senilai US$700 juta atau Rp10 triliun./Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Kapal pesiar pribadi senilai US$700 miliar (£500m) atau setara Rp10 triliun milik Presiden Rusia Vladimir Putin disembunyikan di lepas pantai barat Italia, klaim Maria Pevchikh, sekutu pemimpin oposisi Putin yang saat ini dipenjara, Alexei Navalny.

Kapal pesiar Scheherazade itu memiliki enam dek yang dilengkapi spa, salon kecantikan, gym, dan dua helipad.

Kapal itu juga memiliki kolam renang yang dilengkapi dengan penutup yang dapat ditarik, yang berubah menjadi lantai dansa.

Tetapi yang hilang adalah pemilik terdaftar - yang telah mendaratkan kapal di bawah pengawasan otoritas Italia di Marina di Carrara di tengah penangkapan kapal pesiar mewah milik oligarki baru-baru ini setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Mengutip Independen.co.uk, Rabu (23/3/2022) dalam sebuah video yang dibagikan pada hari Senin (21/3/2022) dari saluran YouTube Navalny, hampir setengah dari awak kapal sebagai milik Layanan Perlindungan Federal (FSO), “lembaga yang melindungi Putin dan mengatur kehidupannya".

Maria memerinci lebih dari 20 posisi di kapal pesiar, termasuk chief officer dan beberapa penjaga keamanan, yang mereka klaim semuanya adalah anggota FSO.

Identitas anggota kru tampaknya tidak disembunyikan dengan baik.

Tim Navalny mengklaim beberapa orang yang disebut dalam daftar kru kapal pesiar telah mencantumkan alamat kontak mereka sebagai kantor FSO di Sochi.

"Orang yang sama yang merawat Putin di kediamannya dan dalam perjalanannya, yang mengatur hidupnya, terbang bersama ke Italia untuk bekerja di salah satu kapal pesiar paling mahal di dunia," kata sekutu Navalny, Maria dalam video tersebut.

Awal bulan ini, kapten kapal Inggris, Guy Bennett-Pearce, telah membantah bahwa Putin pernah memiliki atau menginjakkan kaki di Scheherezade.

“Saya belum pernah melihatnya. Saya belum pernah bertemu dengannya," katanya kepada The New York Times.

Beberapa hari kemudian, Bennett-Pearce mengatakan dia tidak punya pilihan selain mengungkapkan identitas pemiliknya kepada polisi Italia, dan menambahkan: “Saya tidak ragu dalam pikiran saya bahwa ini akan membersihkan wadah dari semua rumor negatif dan spekulasi.”

Karena Uni Eropa telah menargetkan pemimpin Rusia dengan beberapa sanksi pribadi, kapal pesiar mewah- jika terungkap miliknya - dapat disita oleh pihak berwenang.

The Daily Mail mengutip sebuah sumber yang mengatakan: “Ada kemungkinan tim Navalny telah dibantu oleh intelijen Barat dalam mengungkap keberadaan kapal pesiar mewah itu.

"Yacht telah disembunyikan dari orang-orang [Putin], dan menunjukkan bahwa dia memang orang terkaya di dunia seperti yang diklaim oleh para pengkritiknya."

Video YouTube yang sama juga menuduh bahwa mantan istri Putin, Lyudmila, sedang membangun sebuah vila mewah di Biarritz, Prancis barat daya, sementara putrinya, Katerina Tikhonova, 35, diklaim memiliki sebuah kastil di pantai Prancis.

“Jika seseorang jatuh di bawah sanksi pribadi, seperti Putin, ini berarti bahwa setiap propertinya yang ditemukan di Uni Eropa secara otomatis dibekukan,” kata Maria.

"Rumah, pesawat, helikopter, kapal pesiar - semuanya harus segera disita."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper