Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala BNPB: Kesuksesan MotoGP 2022 Bisa Terealisasi, Asalkan..

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menuturkan kesuksesan menggelar MotoGP Mandalika 2022 dapat menjadi kekuatan untuk bangkit bagi Indonesia.
Kepala BNPB Suharyanto dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau lokasi sirkuit Mandalika./Akbar Evandio
Kepala BNPB Suharyanto dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau lokasi sirkuit Mandalika./Akbar Evandio

Bisnis.com, PRAYA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyampaikan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 dapat berjalan sukses, asalkan berjalan beriringan dengan penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Hal ini dia sampaikan saat meninjau kesiapan protokol kesehatan di wilayah Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, jelang balapan MotoGP yang berlangsung 18—20 Maret 2022.

"Jangan sampai pelaksanaan event sukses, tetapi upaya penanganan Covid-19 tidak sukses, ini harus beriringan,” katanya kepada wartawan, Rabu (16/3/2022).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 ini melanjutkan, kesuksesan menggelar MotoGP Mandalika 2022 dapat menjadi kekuatan untuk bangkit bagi Indonesia. Bahkan, Tanah Air diyakini dapat menata kembali pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata.

Menurutnya, MotoGP Mandalika 2022 merupakan jawaban atas penantian panjang Indonesia selama 25 tahun sebagai tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu. BNPB sendiri konsisten mendukung berlangsungnya MotoGP Mandalika 2022 lewat sejumlah upaya.

Upaya itu antara lain, pelaksanaan vaksinasi sebagai penguatan kekebalan masyarakat dan pembagian masker secara gratis yang telah dan akan terus dilakukan di Lombok Tengah sejak Jumat (12/3/2022) sampai dua pekan mendatang.

Menurut Suharyanto, vaksinasi menjadi syarat utama bagi siapapun yang ingin menyaksikan secara langsung MotoGP Mandalika 2022. Mantan Pangdam V Brawijaya itu memastikan bahwa, jika sudah memiliki sertifikat vaksin kedua, maka masyarakat tidak perlu lagi melakukan tes Covid-19 untuk menyaksikan laga para pembalab dunia di Sirkuit Pertamina Mandalika pada Jumat (18/3) hingga Minggu (20/3).

"BNPB telah mendukung melalui kebijakan seperti tidak adanya lagi tes antigen maupun Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi para penonton maupun pengunjung sehingga dapat datang langsung ke Mandalika dengan ketentuan telah mendapatkan vaksin dosis dua dan tiga," tuturnya.

Dia melanjutkan, menghitung hari menuju perhelatan akbar tersebut, BNPB disebutkan terus melakukan testing, pembagian masker secara masif serta mendorong percepatan pemberian vaksin dosis ketiga, salah satunya kepada masyarakat Lombok Tengah.

Suharyanto juga menjelaskan bahwa BNPB bersama Satuan Tugas dan Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota telah mempersiapkan fasilitas kesehatan apabila ditemukan kasus Covid-19 ketika event sedang berlangsung. Fasilitas tersebut ialah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mandalika di bawah naungan Pemprov NTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper