Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi akan Berkemah di IKN Bareng 34 Gubernur dan 15 Tokoh

Jokowi bakal menginap di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bersama dengan 34 gubernur dan 15 tokoh.
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menginap di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bersama dengan 34 gubernur dan 15 tokoh.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan bahwa gubernur seluruh provinsi dan para tokoh-tokoh telah tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Di balikpapan kami mengundang 34 Gubernur dan 15 tokoh-tokoh yang dipilih Gubenur Kalimantan Timur. Saat ini beliau-beliau sudah ada di sini dan akan diskusi dengan bapak Presiden," ujar Heru dikutip dari Youtube Setpres, Minggu (13/3/2022).

Lebih lanjut, Heru mengatakan pada Senin (14/3) pagi, Presiden Jokowi akan berangkat dari Balikpapan menuju IKN. Selanjutnya, Jokowi bersama para gubernur dan tokoh-tokoh akan melakukan sebuah prosesi doa bersama. 

"Presiden akan berangkat dari Balikpapan menuju ke IKN pada Senin pagi, selanjutnya kegiatan bersama para gubernur akan melakukan sebuah prosesi kegiatan di mana tentunya kita sebagai orang timur memanjatkan doa dan menjunjung tinggi kearifan lokal di Kalimantan Timur," ujarnya.

Jokowi juga bakal berkemah dan melakukan ritual Kendi Nusantara yang akan diikuti seluruh gubernur se-Indonesia. Para gubernur diwajibkan membawa air dan tanah dari masing-masing daerahnya ke IKN.

Lebih lanjut, Heru mengatakan Presiden Jokowi mengajak gubernur 34 provinsi agar bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan pembangunan IKN.

Tidak hanya berkemah dan menjalani ritual Kendi Nusantara, Heru mengungkapkan Jokowi bersama para gubernur dan tokoh-tokoh juga akan melakukan kegiatan penanaman pohon. 

"Di hari kedua, Presiden akan melihat beberapa lokasi di IKN antara lain lokasi nursery yang telah dipersiapkan Kementerian Lingkungan Hidup," ujarnya.

Heru mengaku tidak ada persiapan khusus yang dilakukan untuk Presiden Jokowi bermalam di IKN. Dia mengatakan pihaknya mempersiapkan tenda sederhana dan kebutuhan lainnya.

"Kami siapkan tenda sederhana dan lain-lain, tentunya tidak mengurangi keamanan beliau," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper