Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-4: Ancaman Nuklir Putin hingga Sikap Uni Eropa

Perang Rusia vs Ukraina memasuki hari ke-4. Simak ancaman nuklir dari Presiden Vladimir Putin hingga sikap Uni Eropa.
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022)./Bloomberg-Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022)./Bloomberg-Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina telah memasuki hari ke-4 dan membuat Uni Eropa (UE) mengambil beberapa langkah serius, salah satunya dengan menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia. Di sisi lain, Presiden Vladimir Putin mulai melayangkan ancaman senjata nuklir. 

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dalam konferensi pers mengatakan langkah tersebut sebagai tanda bahwa negara Uni Eropa membatasi ruang gerak Rusia.

"Kami menutup wilayah udara UE untuk pesawat milik Rusia, terdaftar Rusia atau yang dikendalikan Rusia," kata von der Leyen seperti dilansir dari BBC, Senin (28/2/2022). 

Semua pesawat Rusia termasuk jet pribadi Oligarki, tidak akan dapat mendarat, lepas landas, atau terbang di atas negara UE mana pun. Tak hanya menutup akses transportasi untuk Rusia, UE sepakat juga untuk melarang media pemerintah Rusia berudara. UE melarang kantor berita Sputnik dan TV Russia Today, yang menyiarkan berita bersumber dari Kremlin.

Larangan Uni Eropa pada outlet berita milik negara akan mempengaruhi kantor berita Sputnik dan jaringan TV Russia Today. Hal tersebut sebagai langkah menutup informasi dari Kremlin, yang secara luas dipandang sebagai corong untuk Kremlin, kantor Presiden Rusia.

"Kami sedang mengembangkan alat untuk melarang disinformasi beracun dan berbahaya mereka di Eropa," kata von der Leyen.

Berikut rangkuman perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-4 

UE Mempermudah Warga Ukraina Melarikan Diri

UE setuju untuk membiarkan warga Ukraina yang melarikan diri. Negara-negara Uni Eropa juga akan mempercepat jalur pengungsi Ukraina dan mengesampingkan birokrasi.

Langkah itu diumumkan oleh menteri dalam negeri Jerman, yang mengatakan negara-negara anggota telah setuju dengan suara bulat untuk menerima pengungsi hingga tiga tahun tanpa meminta mereka untuk mengajukan asylum atau suaka terlebih dahulu.

Saat ini, puluhan ribu orang Ukraina telah mengungsi akibat serangan Rusia di negara mereka dan banyak yang mencari perlindungan di UE.

 

Putin menempatkan pasukan nuklir Rusia dalam siaga tinggi

Vladimir Putin telah memerintahkan militer Rusia untuk menempatkan pasukan pencegahannya, termasuk senjata nuklir, dalam "siaga khusus".

Dia mengatakan kepada kepala pertahanan itu karena "pernyataan agresif" oleh Negara Barat, di tengah kecaman luas atas invasi ke Ukraina.

Pengumuman itu tidak berarti Rusia berniat menggunakan senjata tersebut. AS segera mengutuk keputusan Putin, menyebutnya sebagai eskalasi yang tidak dapat diterima.

Pekan lalu, Putin telah memperingatkan bahwa siapa pun yang mencoba menghalangi Rusia di Ukraina akan melihat konsekuensi yang belum pernah dilihat dalam sejarah.

Kata-kata itu secara luas ditafsirkan sebagai sinyal ancaman untuk menggunakan senjata nuklir jika Negara Barat menghalangi jalannya.

 

Pasukan Ukraina menangkis serangan di Kharkiv

Pasukan Ukraina mengatakan mereka telah menangkis serangan di kota kedua negara itu, Kharkiv, setelah bentrokan sengit dengan pasukan Rusia.

Meski berhasil melawan serangan tersebut, warga yang saat ini tengah mengungsi di ruang bawah tanah dan tempat penampungan pun tidak dapat merasa aman. Warga setempat, Daria Samoilyk mengatakan kepada BBC bahwa pertempuran menyebabkan kota rusak parah dengan serangan yang tiada henti.

"Ada serangan sepanjang hari dan sepanjang malam, tanpa jeda. Saya tidak yakin apakah saya merasa aman, karena rudal bisa jatuh di mana saja dan menghancurkan bangunan apa pun. Ini seperti roulette," katanya.

 

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-4: Ancaman Nuklir Putin hingga Sikap Uni Eropa

Jerman meningkatkan pengeluaran pertahanan

Perang di Ukraina telah mendorong Jerman untuk menjanjikan kenaikan besar-besaran dalam pengeluaran pertahanan, dalam perubahan besar dalam kebijakan. Kanselir Olaf Scholz mengumumkan tambahan US$113 miliar atau £84 miliar untuk tentara Jerman.

Tidak terpengaruh ancaman Putin, Scholz melanjutkan untuk mengumumkan langkah-langkah drastis yang tidak terpikirkan, termasuk komitmen konstitusional untuk target pengeluaran militer NATO sebesar 2 persen dari PDB. Dia menegaskan bahwa Jerman akan mengirim senjata langsung ke Ukraina.

Dalam beberapa hari, Vladimir Putin telah berhasil melakukan apa yang telah bertahun-tahun coba dicapai oleh sekutu NATO: peningkatan besar-besaran pengeluaran militer di Jerman.

Jumlah penuh korban di Ukraina sangat sulit dipastikan. Komisaris hak asasi manusia negara itu mengatakan 210 warga sipil telah tewas. Kementerian kesehatan Ukraina mengatakan 352 warga sipil, termasuk 14 anak-anak, telah meninggal sejauh ini.

PBB telah mencatat 64 kematian warga sipil yang dikonfirmasi dan banyak lagi yang terluka, dan mengatakan mereka memperkirakan jumlah sebenarnya akan jauh lebih tinggi.

Kematian militer juga sangat sulit diverifikasi. PBB mengatakan pada hari Sabtu (26/2/2022) setidaknya 134 militer Ukraina telah tewas. Ukraina mengklaim 4.300 prajurit Rusia sejauh ini tewas.

 

Bank sentral Rusia akan Dibekukan

Bank sentral Rusia telah mengeluarkan seruan untuk tenang di tengah kekhawatiran bahwa sanksi keuangan baru dapat memicu penarikan uang pada bank-banknya. Mereka mengklaim memiliki alat untuk menjaga stabilitas keuangan dan memastikan kelangsungan operasional sektor keuangan.

Uni Eropa, AS, Inggris, dan Kanada telah mengumumkan bahwa aset bank sentral Rusia akan dibekukan. Beberapa bank Rusia juga akan dikeluarkan dari sistem pembayaran Swift.

Melarikan diri di bank-bank Rusia akan melihat terlalu banyak orang yang mencoba menarik uang. Pada hari Jumat (25/2/2022), bank sentral Rusia terpaksa meningkatkan jumlah uang yang dipasok ke ATM setelah permintaan uang tunai mencapai level tertinggi sejak Maret 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper