Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Muncul Mata Air Panas Baru Pascagempa Pasaman Barat

Sebuah semburan air panas tiba-tiba muncul di tengah jalan tanah di Nagari Ganggo Hilia, Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat.
Ilustrasi pascagempa
Ilustrasi pascagempa

Bisnis.com, SOLO - Satu semburan air panas tiba-tiba muncul di Nagari Ganggo Hilia, Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat usai gempa bumi berkekuatan 6,1 SR mengguncang pada Jumat (25/2/2022) kemarin.

Dari keterangan yang ada, diungkapkan jika lokasi semburan air panas yang ada di tengah jalan itu berlokasi tak jauh dari tempat pemandian air panas di daerah tersebut.

"Akibat gempa bumi terbentuk rekahan baru. Ini termasuk fenomena geologi yang normal," cuit pemilik akun Twitter @ARGFFI, dikutip pada Sabtu (26/2/2022).

Sementara itu, Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, turut memberi konfirmasi atas sebab semburan air panas baru tersebut.

Lewat keterangan yang dibagikannya juga di media sosial, Daryono menduga lokasinya itu dekat jalur sesar aktif, sehingga terdapat hot spring atau mata air panas.

"Bebebapa reservoir air panas memang umumnya ditemukan di area sesar aktif. Seperti daerah Pasaman ini, wajar jika terdapat mata air panas karena memang zona tektonik aktif dan terdapat jalur-jalur sesar," kata Daryono.

Dia menduga guncangan gempa di Pasaman Barat pada Jumat pagi telah menghasilkan rekahan itu hingga memunculkan semburan air panas di Bonjol.

"Saat terjadi gempa maka akan terganggu reservoir-nya dan air panas tersebut keluar melalui zona lemah yang rekah akibat guncangan kuat gempa bumi," kata Daryono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper