Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kacau! Rusia Serang Ukraina. Ini Penyebab Konflik Rusia dan Ukraina

Jepang mengkritik Rusia, dan Inggris diperkirakan akan mengumumkan sanksi terhadap Rusia. Bagaimana dampak serangan Rusia ke Ukraina?
Tentara Angkatan Darat Amerika Serikat Divisi Airborne ke-82 berjalan menuju pesawat udara yang akan bertolak ke Eropa Timur di Fort Bragg, Carolina Utara, Amerika Serikat, Senin (14/2/2022). Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengirimkan sebanyak 3000 tentara tambahan guna memperkuat NATO di Eropa Timur untuk mengamankan Ukraina jika klaim serangan Rusia benar-benar terjadi./Antara-Reuters
Tentara Angkatan Darat Amerika Serikat Divisi Airborne ke-82 berjalan menuju pesawat udara yang akan bertolak ke Eropa Timur di Fort Bragg, Carolina Utara, Amerika Serikat, Senin (14/2/2022). Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengirimkan sebanyak 3000 tentara tambahan guna memperkuat NATO di Eropa Timur untuk mengamankan Ukraina jika klaim serangan Rusia benar-benar terjadi./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Ukraina vs Rusia yang sedang berlangsung telah mengguncang politik dunia, ekonomi, dan sistem pasar global, sedangkan upaya diplomatik oleh para pemimpin dunia untuk menyelesaikan krisis tidak menunjukkan tanda-tanda kemajuan.

Rusia telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasannya dengan Ukraina selama beberapa bulan terakhir dan memicu peringatan tentang apa yang sekarang ditakuti masyarakat dunia sebagai awal Perang Dunia 3.

Vladimir Putin, Presiden Rusia, menandatangani dekrit pada 21 Februari yang mengakui dua wilayah di Ukraina, yaitu Donetsk dan Luhansk sebagai entitas independen yang dimiliki. Dia lebih lanjut memerintahkan pasukan Rusia untuk menjaga perdamaian di dua wilayah yang memisahkan diri.

Pengumuman itu muncul setelah Barat berulang kali memperingatkan Rusia untuk tidak mengakui dua wilayah separatis di Ukraina Timur karena akan merusak upaya perdamaian di wilayah tersebut.

Sementara itu, Australia telah meminta Rusia untuk mundur, China meminta semua pihak untuk menahan diri, Jepang mengkritik Rusia, dan Inggris diperkirakan akan mengumumkan sanksi terhadap Rusia.

Mengingat situasi tegang di wilayah tersebut, penerbangan khusus Air India sedang dalam perjalanan ke Ukraina untuk mengevakuasi warga India dari Ukraina. India telah mengizinkan penerbangan tambahan untuk mengevakuasi warganya. Sebelumnya, hanya tiga penerbangan yang dijadwalkan pada 22, 24 dan 26 Februari.

Apa penyebab konflik antara Rusia dan Ukraina?

Ukraina menjadi negara merdeka dengan jatuhnya Uni Soviet pada 1991. Itu adalah bagian awal dari kekaisaran Rusia dan kemudian menjadi Republik Soviet, serta menyingkirkan warisan kekaisaran Rusia, sehingga membentuk hubungan dekat dengan Barat.

Sejak kemerdekaannya, negara ini memerangi korupsi dan perpecahan internal. Negara sisi barat menginginkan integrasi dengan Barat, sedangkan wilayah timur dengan Rusia.

Konflik dimulai ketika Victor Yanukovych, Presiden Ukraina, menolak perjanjian asosiasi dengan Uni Eropa demi hubungan yang lebih dekat dengan Moskow. Para pengunjuk rasa menggulingkannya dalam ‘Revolusi Martabat (Revolution of Dignity).’ Sebagai imbalannya, Rusia mencaplok Semenanjung Krimea Ukraina dan mendukung pemberontakan separatis Ukraina timur.

Setelah itu, mereka menyerang Donbas yang merupakan jantung industri negara Ukraina. Lebih dari 14.000 orang kehilangan nyawanya dalam konflik bersenjata antara pasukan Ukraina dan separatis yang didukung Rusia.

Ukraina dan Barat menuduh Rusia mengerahkan pasukan dan mengirim senjata ke pemberontak, lalu tuduhan ini dibantah oleh Rusia. Namun, Rusia mengecam keras Amerika Serikat (AS) dan NATO karena membantu Ukraina dengan senjata dan latihan militer bersama. Presiden Putin juga menyatakan keprihatinan atas rencana beberapa anggota NATO untuk mendirikan pusat pelatihan militer di Ukraina karena akan memfasilitasi pijakan militer di kawasan itu bahkan tanpa Ukraina bergabung dengan NATO.

Rusia dalam tuntutan keamanannya mengatakan bahwa mereka tidak ingin Ukraina menjadi negara anggota NATO dan ingin menghentikan semua latihan NATO di dekat perbatasannya, serta penarikan pasukan NATO dari Eropa Tengah dan Timur. Perlu dicatat bahwa masuknya Ukraina ke NATO akan membutuhkan persetujuan bulat dari 30 negara anggotanya.

rusia serang ukraina, rusia ukraina
rusia serang ukraina, rusia ukraina

Selain itu juga, Rusia memandang Ukraina sebagai bagian dari ‘lingkup pengaruhnya’ sebuah wilayah, bukan negara merdeka. Namun, AS dan NATO telah menolak tuntutan Rusia. Barat mendukung Ukraina dan berjanji akan menyerang Rusia secara finansial jika pasukannya maju ke Ukraina.

Melansir dari Aljazeera, Kamis (24/2), simak timeline konflik Rusia vs Ukraina:

November 2021

Gambar satelit menunjukkan penumpukan baru pasukan Rusia di perbatasan dengan Ukraina, dan Kyiv mengatakan Moskow telah memobilisasi 100.000 tentara bersama dengan tank dan perangkat keras militer lainnya.

7 Desember 2021

Joe Biden, Presiden AS, memperingatkan Rusia tentang sanksi ekonomi Barat jika menyerang Ukraina.

17 Desember 2021

Rusia mengajukan tuntutan keamanan yang terperinci kepada Barat, termasuk bahwa NATO menghentikan semua aktivitas militer di Eropa Timur dan Ukraina serta NATO tidak pernah menerima Ukraina atau negara-negara bekas Soviet lainnya sebagai anggota.

3 Januari 2022

Presiden AS, Biden, meyakinkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, bahwa AS akan ‘menanggapi dengan tegas’ bila Rusia menginvasi Ukraina. Kedua pria itu berbicara di telepon untuk membahas persiapan serangkaian pertemuan diplomatik yang akan datang guna mengatasi krisis tersebut.

10 Januari 2022

Pejabat AS dan Rusia bertemu di Jenewa untuk pembicaraan diplomatik tetapi perbedaan tetap tidak terselesaikan karena Moskow mengulangi tuntutan keamanan yang bagi Washington tidak dapat diterima.

24 Januari 2022

NATO menempatkan pasukan dalam keadaan siaga dan memperkuat kehadiran militernya di Eropa Timur dengan lebih banyak kapal dan jet tempur. Beberapa negara Barat mulai mengevakuasi staf kedutaan yang tidak penting dari Kyiv. Kemudian, AS menempatkan 8.500 tentara dalam siaga.

26 Januari 2022

Washington menyajikan tanggapan tertulis terhadap tuntutan keamanan Rusia, mengulangi komitmen terhadap kebijakan ‘pintu terbuka’ NATO sambil menawarkan ‘evaluasi yang berprinsip dan pragmatis’ atas keprihatinan Moskow.

27 Januari 2022

Presiden AS, Biden, memperingatkan kemungkinan invasi Rusia pada Februari. China memberikan bobot politiknya di belakang Rusia dan memberi tahu AS bahwa ‘masalah keamanan sah’ Moskow harus ‘dianggap serius.’

28 Januari 2022

Vladimir Putin, Presiden Rusia, mengatakan tuntutan keamanan utama Rusia belum ditanggapi tetapi Moskow siap untuk terus berbicara. 

Presiden Ukraina, Zelensky, memperingatkan Barat untuk menghindari menciptakan ‘kepanikan’ yang akan berdampak negatif terhadap perekonomian negaranya.

31 Januari 2022

AS dan Rusia berdebat tentang krisis Ukraina pada sesi tertutup khusus Dewan Keamanan PBB. Linda Thomas-Greenfield, Duta Besar AS untuk PBB, mengatakan kepada dewan bahwa invasi Rusia ke Ukraina akan mengancam keamanan global.

Vasily Nebenzya, Utusan Rusia untuk PBB, menuduh Washington dan sekutunya mengobarkan ancaman perang meskipun Moskow berulang kali menyangkal rencana invasi. 

“Diskusi tentang ancaman perang sangat provokatif. Anda hampir menyerukan ini. Anda ingin itu terjadi,” kata Nebenzya.

1 Februari 2022

Putin membantah merencanakan invasi dan menuduh AS mengabaikan tuntutan keamanan negaranya. “Sudah jelas bahwa kekhawatiran mendasar Rusia akhirnya diabaikan,” tegasnya.

6 Februari 2022

Rusia telah membangun 70 persen dari pembangunan militer yang dibutuhkan untuk meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina, berdasarkan pernyataan pejabat Amerika yang dikutip secara anonim di media AS.

8 Februari 2022

Emmanuel Macron, Presiden Prancis, bertemu Putin untuk pembicaraan maraton di Moskow dan mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia tidak akan meningkatkan krisis Ukraina.

Namun, juru bicara, Kremlin Dmitry Peskov, membantah bahwa Macron dan Putin mencapai kesepakatan untuk mengurangi eskalasi krisis. Peskov mengatakan bahwa “Dalam situasi saat ini, Moskow dan Paris tidak dapat mencapai kesepakatan apapun.”

10 Februari 2022

Liz Truss, Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris dan Sergey Lavrov, Menlu Rusia mengadakan pembicaraan tanpa hasil.

Konferensi pers yang dingin, Lavrov menggambarkan pertemuan itu sebagai ‘percakapan antara orang bisu dan tuli.’

Dia menambahkan bahwa ‘fakta’ yang disajikan oleh timnya pada krisis ‘memantul’ rekan-rekan Inggris mereka.

Truss, yang memperingatkan sanksi keras Barat jika Ukraina diserang, menantang Lavrov tentang pernyataannya bahwa penumpukan pasukan dan persenjataan Rusia tidak mengancam siapa pun.

11 Februari 2022

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Biden, mengatakan intelijen AS menunjukkan invasi Rusia dapat dimulai dalam beberapa hari, sebelum Olimpiade Beijing berakhir pada 20 Februari.

Pentagon memerintahkan tambahan 3.000 tentara AS untuk dikirim ke Polandia buat meyakinkan sekutu. Sementara itu, sejumlah negara menyerukan warganya untuk meninggalkan Ukraina, dengan beberapa peringatan bahwa evakuasi militer tidak akan dijamin bila terjadi perang.

12 Februari 2022

Biden dan Putin mengadakan pembicaraan melalui konferensi video. Presiden AS mengatakan invasi Rusia ke Ukraina akan menyebabkan ‘penderitaan manusia yang meluas’ dan bahwa Barat berkomitmen pada diplomasi untuk mengakhiri krisis tetapi ‘sama siap untuk skenario lain.’

Putin mengeluh dalam seruan itu bahwa AS dan NATO belum menanggapi secara memuaskan tuntutan Rusia agar Ukraina dilarang bergabung dengan aliansi militer dan NATO menarik mundur pasukan dari Eropa Timur.

Yuri Ushakov, ajudan utama kebijakan luar negeri Putin, mengatakan bahwa sementara ketegangan telah meningkat selama berbulan-bulan, dalam beberapa hari terakhir ‘situasinya telah dibawa ke titik absurditas.’

Dia mengatakan Biden menyebutkan kemungkinan sanksi yang dapat dikenakan pada Rusia, tetapi “Masalah ini bukan fokus selama percakapan yang cukup panjang dengan pemimpin Rusia.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper