Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Lolos SNMPTN 2022, Universitas Jember Sediakan 2.372 Bangku

Universitas Jember menyediakan 2.372 bangku kuliah untuk mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tahun 2022.
Universitas Jember/Unej.ac.id
Universitas Jember/Unej.ac.id

Bisnis.com, JEMBER - Universitas Jember (Unej), Jawa Timur menyediakan sebanyak 2.372 bangku kuliah untuk mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022.

"Jumlah tersebut adalah 30 persen dari total mahasiswa Universitas Jember angkatan 2022 yang akan diterima," kata Rektor Unej Iwan Taruna saat membuka kegiatan "open house" secara daring yang digelar di Kampus Unej di Jember, Jumat (18/2/2022).

Sebanyak 50 persen mahasiswa baru akan diambil dari di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan sisanya sebanyak 20 persen akan diperoleh dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) yang merupakan ujian mandiri Unej.

"Tahun ini komposisinya tidak berubah, masih sama dengan tahun 2021. Dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 2.372 dari jalur SNMPTN membuat Unej menjadi PTN yang menyediakan alokasi cukup besar di jalur tanpa tes dibandingkan dengan PTN lain," katanya.

Unej tahun 2021 bertengger di posisi ke delapan sebagai PTN di Indonesia yang paling banyak menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN.

Wakil Rektor I Prof Slamin mengingatkan peserta agar selalu membiasakan membaca terlebih dahulu pedoman pendaftaran SNMPTN sesuai yang ada di laman ltmpt.ac.id agar terhindar dari kesalahan mengisi laman pendaftaran.

Guru besar teori Graph di Fakultas Ilmu Komputer ini lantas memberikan kiat agar peluang diterima di PTN semakin besar yakni pertama, pilih program studi sesuai dengan cita-cita dan keinginan, dan jangan lupa melihat kemampuan diri sendiri, baik kemampuan akademis maupun kesiapan finansial.

"Setelah itu cari data terkait program studi yang dituju, termasuk kondisi persaingan yang ada melalui laman LTMPT dan laman PTN yang dituju. Untuk daya tampung program studi di Unej beserta persyaratannya sudah kami unggah di laman unej.ac.id," katanya.

Sebagai contoh tahun lalu, peminat di Fakultas Kedokteran Universitas Jember mencapai 1.014 peserta, namun yang diterima hanya 28 orang, sehingga persaingan sangat ketat mencapai 1 banding 42, termasuk yang paling tinggi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper