Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Wilayah yang Diprediksi Mengalami Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang Hari Ini

BMKG prediksi hujan lebat disertai kilat dan angin akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada hari ini, Senin (14/2/2022).
Warga beraktivitas di tepi Danau Teluk Kenali, Jambi, Minggu (24/3/2019)./ANTARA-Wahdi Septiawan
Warga beraktivitas di tepi Danau Teluk Kenali, Jambi, Minggu (24/3/2019)./ANTARA-Wahdi Septiawan

Bisnis.com, SOLO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan mengenai potensi adanya hujan lebat disertai kilat dan angin kencang hari ini, Senin (14/2/2022).

Pantauan BMKG menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di perairan barat Aceh, di Maluku Utara, dan di perairan utara Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Sumatra Utara hingga Aceh, di Selat Malaka, Laut Halmahera bagian utara, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di perairan barat Lampung, dari Bali hingga Jawa Timur, di Kalimantan Utara, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat, di Kalimantan Selatan, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tenggara, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan bagian utara dan Laut Banda, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Pesisir Barat Sumatera, Laut Jawa, Sulawesi Utara, Laut Maluku, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada hari Senin adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat , Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Bagi warga yang ingin berjemur dan berolah raga di pagi hari antara pukul 07.00–10.00 WIB, kota yang diperkirakan cerah berawan ada di Banda Aceh, Medan, Padang, Bengkulu, Bandung, Tarakan, Denpasar, Kupang, Manado, Gorontalo dan Palu.

Suhu udara pagi berkisar antara 22-30°C. Terdingin di wilayah Medan dan terpanas di Sorong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper