Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perbedaan Seragam Satpam Baru dengan Polisi

Pengenalan seragam satpam baru merupakan bentuk sosialisasi, agar masyarakat tidak bingung saat melihat satpam.
Seragam baru satpam
Seragam baru satpam

Bisnis.com, JAKARTA - Korbinmas Baharkam Polri (Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia) secara resmi mengumumkan warna baru seragam Satpam baru.

Seragam satpam atau satuan pengaman baru diumumkan di upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam pada Rabu (2/2/2022), di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan.

Pengenalan seragam satpam baru ini merupakan bentuk sosialisasi untuk masyarakat. Menurut Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Karo Penmas (Kepala Biro Penerangan Masyarakat) Divisi Humas Polri, masyarakat perlu mengetahui warna baru seragam Satpam, seperti yang dilansir dari situs resmi Humas Polri pada Kamis (3/2).

Sebelumnya, Polri telah menginformasikan rencana untuk mengubah warna seragam Satpam menjadi krem pada pertengahan Januari 2022. Hal ini karena seringkali dimiripkan dengan setelan anggota Polri, sehingga masyarakat sulit membedakan antara Polisi dan Satpam.

“Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam. Untuk membedakan pakaiannya rencananya warna seragamnya lebih muda sedikit dari baju Polri,” kata Ramadhan.

Tampak dari foto dan video yang dibagikan oleh Humas Polri melalui akun media sosialnya, seragam baru Satpam berwarna krem dan berlengan pendek. Akan tetapi, pergantian warna atasan tidak termasuk warna celananya. Jadi, seragam celana satpam tetap berwarna cokelat tua.

seragam satpam baru
seragam satpam baru

Selain itu, pada lengan sebelah kanan terdapat lambang kepolisian di masing-masing wilayah satpam bertugas sedangkan pada lengan sebelah kiri terdapat lambang masing perusahaan tempat Satpam bertugas. Lalu, pada dada bagian kiri tertera tanda pengenal diri, yaitu nama anggota Satpam dan nomor induknya.

Meskipun sudah disosialisasikan ke masyarakat, tetapi pemberlakukan warna seragam baru Satpam masih dalam proses menunggu Perpol (Peraturan Kepolisian) tentang perubahan warna seragam Satpam.

Satpam sebagai profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper