Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT Youth 20: Bahas Digital Teknologi, Delegasi Indonesia Angkat Isu ini

KTT Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20.
Ketua Indonesia Youth Diplomacy Michael Victor Sianipar/Antara
Ketua Indonesia Youth Diplomacy Michael Victor Sianipar/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia melibatkan para pemuda terutama yang terlibat mendirikan perusahaan rintisan "start up" pada Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 atau KTT Y20 yang digelar di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat.

Ketua Indonesia Youth Diplomacy Michael Victor Sianipar mengatakan bahwa pihaknya melibatkan pemuda dari Jakarta dan Bandung sebagai delegasi Indonesia yang membahas salah satu isu pada KTT Y20, yakni digital teknologi.

"Untuk isu digital teknologi, kita juga melibatkan start up di Indonesia, karena ada banyak 'unicorn' start up, ada banyak start up baru tersebut, kita juga mengajak para pemuda yang selama ini terlibat dalam pendirian start up," kata Michael di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu malam.

Michael menjelaskan bahwa para pemuda yang berkecimpung pada start up dilibatkan pada diskusi KTT Youth 20 guna membahas teknologi yang dibutuhkan agar dapat dimanfaatkan oleh pemuda di seluruh dunia.

Selain itu, delegasi pemuda Indonesia juga akan mengangkat isu "automation" atau otomasi yang dibutuhkan dalam revolusi industri 4.0.

"Ini juga yang harus kita bahas supaya jangan sampai negara-negara berkembang tertinggal dalam mengadopsi teknologi baru dan berdampak pada ketenagakerjaan dan lapangan kerja," ujar dia.

Menurut dia, Indonesia dapat memanfaatkan KTT Youth 20 sebagai bagian dari bonus demografi dengan penduduk usia produktif lebih banyak dari non produktif.

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga memiliki keistimewaan untuk menentukan alur pembahasan pada KTT Youth 20, serta memanfaatkan konsesus atau kesepakatan dari seluruh delegasi yang ada.

Adapun KTT Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20.

Indonesia resmi menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 pada 2022.

Jakarta dan Bandung mendapat kepercayaan menjadi lokasi dari konferensi yang digelar pada Juli mendatang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper