Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penonton MotoGP Mandalika Bisa Ratusan Ribu, Ini Persiapan Pemerintah

Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan persiapan pemerintah terkait dengan MotoGP Mandalika yang penontonnya bisa mencapai ratusan ribu.
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021)/Bisnis-Feni Freycinetia
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021)/Bisnis-Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan pemerintah akan fokus dalam memberikan akomodasi terbaik saat penggelaran MotoGP Mandalika 2022.

Berdasarkan data yang dimiliki akan ada 100.000-110.000 pengunjung pada 18-20 Maret 2022 atau saat MotoGP Mandalika berlangsung. Jumlah tersebut sangat besar. Pemerintah menyiapkan sarana hunian pariwisata (Sarhunta), penginapan di kapal pinisi dan kapal pesiar, kabin dan penginapan di desa-desa sekitar Mandalika.

“Kemudian ada juga yang menginap di Bali, mungkin juga di Labuan Bajo, ini semua penerbangannya harus diatur,” kata Johnny dalam konferensi virtual, Jumat (21/1/2022).

Johnny mengatakan pemerintah telah membangun 300 homestay dengan mengadopsi kearifan lokal seperti Bale Lumbung dan Bale Bonter dengan konsep rumah lumbung dan kearifan Suku Sasak.

Mengenai tiket MotoGP, kata Johnny, akan dibentuk ke dalam lima standard yaitu General Admission, Standard Grandstand, Premium Grandstand, VIP Hospitality Suites kategori Premier Class dan kategori Deluxe Class.

“Ini sudah sesuai dengan standar sirkuit MotoGP lainnya,” kata Johnny.

Untuk diketahui, sejauh ini anggaran untuk pembenahan jalan depan Sirkuit Mandalika baru sebesar Rp16 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022. Terdapat 10 program/kegiatan yang diusulkan dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp680,66 miliar lebih.

Program-program tersebut antara lain, pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika atau ruas Kuta – Keruak dengan kebutuhan anggaran Rp125,25 miliar, penataan koridor Kawasan Sirkuit Mandalika sebesar Rp70 miliar.

Kemudian, fasilitas keselamatan jalan sebesar Rp182,35 miliar, pengembangan sentra IKM/UMKM dan pusat kuliner Rp35,49 miliar. Selanjutnya, program nilai tambah dan daya saing industri sebesar Rp24 miliar, sarana & prasarana kesehatan dan penanganan kegawatdaruratan Rp111,41 miliar, penghijauan koridor jalan Mataram – BIZAM – KEK Mandalika Rp8,9 miliar, rehabilitasi hutan dan lahan Rp17,55 miliar.

Kemudian sarana prasarana pengolahan sampah dan limbah Rp65,05 miliar dan pengembangan destinasi, pemasaran dan event Rp40,78 miliar.

Sekadar informasi, Ajang balap motor MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit rencananya dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022. Pemerintah terus menyiapkan sejumlah hal untuk menyukseskan acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper