Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkes Pastikan 87 Jamaah Umrah Positif Covid-19, Sepuluh Probable Omicron

Juru Bicara Kementerian Kesehatan mengungkapkan ada 87 jamaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19, sepuluh di antaranya probable Omicron.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  14:26 WIB
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). - Antara\r\n
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan ada 87 jamaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19, sepuluh di antaranya probable Omicron.

“Iya dari data ada 87 kasus positif dari jamaah umrah, tadinya ada 28 orang. Sepuluh yang probable Omicron,” kata Nadia saat dikonfirmasi Bisnis, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya,  Konsul Haji dan Umrah Konsulat Jendera RI (KJRI) di Jeddah, Endang Jumali, mengatakan ada 28 jemaah WNI positif Covid-19 usai melaksanakan ibadah umrah di Arab Saudi.

Jemaah yang positif Covid-19 itu merupakan perwakilan pimpinan agen perjalanan.

Kabar ini muncul setelah setidaknya 13 anggota Tim Advance dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terpapar Covid-19 seusai pulang dari Arab Saudi.

Endang menuturkan, sebanyak 28 jemaah umrah positif Covid-19 itu di luar dari tim Advance tersebut. Kini, seluruh jemaah umrah yang telah pulang tengah dikarantina di Wisma Atlet.

"Itu positif (Covid-19) setelah kembali ke Indonesia, bukan pada saat di Saudi," ucap Endang dalam keterangannya, Senin (17/1/2022).

Sementara itu, masih ada sekitar 1.200 jemaah Indonesia yang tengah melakukan ibadah umrah sampai Minggu (16/1/2022).

“Sebanyak 1.200 WNI ini akan dipulangkan bertahap sesuai dengan paket perjalanan 12 hari. Ada yang 17 (Januari) hari ini. Ada yang 20-an (Januari) ke atas," ucap Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umrah Covid-19 omicron
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top