Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil AFF Indonesia vs Thailand 0-4, Indonesia Kalah Telak

Pemain Thailand bergerak cepat dan terarah dalam permainan AFF melawan Indonesia. Bagaimana strategi mereka?
Indonesia kalah telak dalam pertandingan Final Piala AFF Indonesia vs Thailand, dengan hasil skor 0-4
Indonesia kalah telak dalam pertandingan Final Piala AFF Indonesia vs Thailand, dengan hasil skor 0-4

Bisnis.com, JAKARTA-Di luar dugaan, Timnas Indonesia takluk dari Thailand 0-4 pada leg pertama final Piala AFF di National Stadium di Kallang, Singapura (29/12/2021).

Adapun jalannya pertandingan Piala AFF Indonesia vs Thailand pada menit ke-2, Thailand  berhasil membobol gawang Indonesia tendangan keras playmaker Thailand Chanatip Songkrasin. Usai gol dari kapten Timnas Thailand itu, skuad garuda masih terus menerus dalam tekanan. Kombinasi apik Teerasil Danda dan Chanathip yang berada di sisi tengah terus menerus menyulitkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Bahkan ball position hingga menit 29 mencapai 79 persen untuk skuad Gajah Putih. Meski begitu, Indonesia berkali-kali memberi tekanan, namun kesalahan komunikasi antar pemain depan masih belum membahayakan gawang Thailand.

Pada menit 30 Indonesia melancarkan serangan balik lewat sisi kanan Asnawi. Namun umpan silang Asnawi berhasil dibuang oleh bek Thailand.

Indonesia berhasil mendapat peluang emas pada menit 42. Diawali lagi-lagi dari serangan balik lewat Ricky Kambuaya yang memberi operan terobosan kepada Witan Sulaiman. Kemudian Witan berhasil memberi crossing datar dari sisi kiri, tapi Dewangga gagal mengkonversikannya menjadi gol. Padahal, pemain PSIS tersebut berdiri bebas tanpa ada pengawalan.

Menjelang akhir babak pertama, Thailand hampir menambah keunggulan atas Indonesia. Namun, tendangan Bordin Phala yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil ditepis oleh Nadeo Argawinata. Skor akhir babak pertama 1-0 untuk Thailand.

Pada babak kedua, pelatih Timnas Indonesia Shin Taeyong langsung menarik empat pemain sekaligus.  Rachmat Irianto, Edo Febriansyah, Kambuaya dan Fachrudin Aryanto digantikan oleh Evan Dimas, Elkan Baggot, Egy Maulana Vikri dan I Kadek  Agung Widnyana. Perubahan tersebut belum nampak berubah dari terhadap permainan Indonesia. Kesalahan mengoper dan miskomunikasi masih kerap terjadi. 

Hal tersebut dimanfaatkan oleh Thailand. Lewat serangan balik Thailand  yang sangat cepat, Chanatip lagi-lagi bisa membobol gawang Nade dengan sepakan datar ke sisi kanan Nadeo. Indonesia tertinggal 0-2 pada menit 52. Setelah gol tersebut, Thailand mengendorkan pressingnya. Hal tersebut dimanfaatkan skuad garuda untuk membangun penyerangan.

Alhasil, Indonesia kembali mendapat peluang terbuka pada menit ke-61. Sayangnya, Irfan Jaya yang sudah berhadap-hadapan dengan penjaga gawang, sepakannya masih bisa dihadang oleh kaki penjaga gawang Thailand,  Siwarak Tedsungnoen.

Meski Thailand mengurangi pressingnya, tetapi skuad Gajah Putih masih tetap menampilkan permainan apiknya. Penguasaan bola pemain Thailand sangat sulit direbut para pemain Indonesia. Menit 67, Thailand berhasil menambah keunggulan lewat tendangan dari luar kotak penalti Supachok Sarachat. Skor 3-0 untuk Thailand. 

Belum puas dengan unggul 3 gol,Thailand terus-menerus mengeksploitasi pertahanan Indonesia. Bahkan, Thailand beberapa kali bermain bebas di kotak penalti Indonesia meski tidak berbuah gol.

Skuad Indonesia pada leg pertama tersebut memang bermain tidak seperti yang diharapkan.  Sesekali serangan dilakukan oleh aksi individual Egy, namun belum bisa mengancam gawang Thailand. Pada menit 83, skuad garuda lagi-lagi tertinggal 4-0 lewat gol Bordin Phala. Hingga laga berakhir, tim asuhan pelatih Alexandré Pölking mampu mempertahankan keunggulannya.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand, pada final leg kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (1/1/2021) malam WIB. Paling tidak Indonesia harus berhasil menang lawan Thailand dengan selisih lima gol untuk menjadi juara Piala AFF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper