Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi Temuan Kasus Transmisi Lokal Varian Omicron di Indonesia

Dengan penambahan satu kasus transmisi lokal varian Omicron, maka total kasus Omicron di Indonesia menjadi 47 kasus per Selasa (28/12/2021).
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/DW.com
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/DW.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan temuan kasus pertama transmisi lokal Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi menyampaikan adanya satu kasus transmisi lokal Omicron di Indonesia.

"Hari Selasa (28/12) ada 47 kasus positif Omicron di Indonesia. Di mana 46 kasus adalah kasus import, dan 1 kasus transmisi lokal," kata Nadia dalam keterangan pers, Selasa (28/12/2021).

Nadia mengungkapkan kasus terbaru transmisi lokal varian Omicron itu adalah seorang laki-laki berusia 37 tahun. Pasien tersebut tercatat tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir ataupun kontak dengan pelaku perjalanan ke luar negeri.

"Pasien dan istri ini tinggal di Medan dan ke Jakarta satu bulan sekali. Mereka tiba di Jakarta pada 6 Desember lalu dan pada 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD," ujar Nadia.

Kemudian, pada 19 Desember 2021, Nadia mengatakan pasangan suami dan istri tersebut melakukan tes antigen karena yang bersangkutan berencana kembali ke Medan dan dinyatakan positif.

"Kemudian dilakukan tes PCR pada 20 Desember dan konfirmasi terinfeksi Omicron didapatkan dari laboratorium GSI pada 26 Desember 2021," jelasnya.

Sebagai tindak lanjut, imbuhnya, pasien tersebut sedang dalam proses evakuasi untuk melakukan isolasi di RS Sulianti Saroso.

Lebih lanjut, Nadia mengungkapkan Dinas Kesehatan dan Dinas Parekraf untuk melakukan tracing di tempat-tempat yang pernah pasien tersebut datangin dan tempat tinggal pasien tersebut selama di Jakarta. Selain itu, akan dilakukan tes PCR kepada beberapa pegawai dan akan dilakukan tracing kepada tenaga kesehatan dan kontak erat di mana yang bersangkutan melakukan pemeriksaan yaitu tes antigen dan tes PCR.

Dengan penambahan satu kasus transmisi lokal ini, maka total kasus Omicron di Indonesia menjadi 47 kasus. Sebelumnya, Kemenkes mengumumkan penambahan 27 kasus baru varian Omicron di Indonesia sehingga totalnya menjadi 46 kasus.

Sebanyak 27 kasus baru tersebut sebagian besar berasal dari para pelaku perjalanan internasional.

Temuan berasal dari hasil pemeriksaan WGS oleh Badan Litbangkes yang keluar pada tanggal 25 Desember 2021. Sebanyak 26 Kasus merupakan imported case, diantaranya 25 WNI yang baru pulang dari Malaysia, Kenya, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Mesir, Malawi, Spanyol, Inggris, Turki, dan 1 orang WNA Asal Nigeria. Sementara satu kasus positif merupakan Tenaga Kesehatan di RSDC Wisma Atlet.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen oleh Badan Litbangkes, kami kembali mengidentifikasi adanya tambahan kasus Omicron sebanyak 27 orang. Saat ini sebagian besar telah menjalani karantina di Wisma Atlet dan sebagian lagi di RSPI Sulianti Saroso," ungkap Nadia dalam keterangan pers, Minggu (26/12/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper