Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei KedaiKOPI: Elektabilitas Prabowo Unggul, Disusul Ganjar dan Anies

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai kandidat calon presiden pada Pilpres 2024 berdasarkan hasil survei KedaiKopi.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memasuki ruangan untuk mengikuti rapat kerja antara Komisi I DPR dengan Pemerintah di Kompleks Parlemen, Senin (11/11/2019). Bisnis/Arief Hermawan P
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memasuki ruangan untuk mengikuti rapat kerja antara Komisi I DPR dengan Pemerintah di Kompleks Parlemen, Senin (11/11/2019). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai kandidat calon presiden pada Pilpres 2024 berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

Elektabilitas Prabowo sebagai tokoh yang berasal dari partai politik (Parpol) mencapai 55,4 persen, sedangkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) elektabilitasnya 16 persen.

Sementara klaster kepala daerah, Anies Baswedan menjadi pemilik elektabilitas capres tertinggi dengan angka 37,4 persen yang disusul Ganjar Pranowo 34,5 persen, dan Ridwan Kamil 13.8 persen.

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo menjelaskan bahwa Prabowo Subianto masih memimpin elektabilitas ketika ditanyakan baik dengan menggunakan pertanyaan terbuka maupun dengan daftar nama tokoh-tokoh di Indonesia.

Namun, elektabilitas Ganjar Pranowo lebih unggul ketika mereka yang menjawab belum memutuskan dan diwawancara dengan lebih mendalam atau diberikan probing. Sementara posisi Anies Baswedan konsisten dalam semua jenis pertanyaan elektabilitas berada di urutan ketiga.

“Prabowo Subianto dominan di Jawa Timur dan Jawa Barat. Ganjar Pranowo kuat di Jawa Tengah dan Bali. Sementara Anies Baswedan solid di DKI Jakarta dan Bengkulu. Dari sebaran pemilih ini terlihat bahwa masing-masing Capres yang kuat masih berbasis lokal,” kata Kunto, Minggu (19/12/2021).

Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio mengatakan Pilpres 2024 merupakan momentum bagi calon berkriteria cerdas. Ini terungkap dari hasil survei KedaiKOPI.

“Ada pergeseran yang menarik pada kriteria calon Presiden yang akan dipilih rakyat. Kriteria Presiden cerdas menjadi teratas melampaui presiden berkriteria merakyat,” kata Hendri yang juga pendiri KedaiKOPI, Minggu (19/12/2021).

Berdasarkan hasil survei, 98,4 persen publik ingin kepala negara yang cerdas. Dari angka 1 sampai 10, skalanya 8,29 yang artinya semakin tinggi berarti semakin ingin memilih kriteria tersebut.

Tertinggi selanjutnya adalah capres visioner dengan persentase 98 persen dan skala 8,09. Lalu, merakyat 97,9 persen dan skala 8,16.

Adapun, dilihat dari nama tokoh non-partai politik, yang paling dipilih masyarakat untuk menjadi capres adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia solid menempati posisi puncak elektabilitas dengan perolehan 33,5 persen.

Setelahnya diikuti Ridwan Kamil dengan angka 23,3 persen dan mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti 11,8 persen.

Survei KedaiKOPI dengan tema Opini Publik Menuju 2024 dilakukan pada 16 sampai 24 November 2021 menggunakan metode survei face to face interview (home visit).

Wawancara dilakukan kepada 1.200 responden di 34 provinsi dengan error sampling kurang lebih 2.83 persen pada interval kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper