Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut: Orang yang Lari dari Karantina, Kita Ceburin Aja!

Luhut Binsar Panjaitan mengimbau pelaku perjalanan Luar Negeri agar patuh terhadap aturan karantina yang ditetapkan oleh di Indonesia.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./Antararnrn
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./Antararnrn

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bagi pelaku perjalanan Luar Negeri agar patuh terhadap aturan karantina yang ditetapkan oleh di Indonesia.

Koordinator PPKM Jawa-Bali ini juga menegaskan, apabila ada yang tidak patuh terhadap aturan karantina yang diterapkan, maka pelaku yang bersangkutan akan segera dikirim ke karantina terpusat.

"Kemarin ada upaya-upaya melarikan itu, kita akan langsung ceburin aja masuk ke dalam karantina terpusat," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (13/12/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan ketegasan dalam penerapan peraturan karantina kini diperlukan untuk menjaga hasil kerja keras untuk melandaikan kurva pandemi Covid-19. 

Sekadar informasi, saat ini ada varian Omicron yang merebak di luar negeri. Indonesia menerapkan kewajiban karantina 10 hari bagi pelaku perjalanan pulang dari luar negeri.

"Itu [pelaku perjalanan] kami pastikan orang yang dapat libur dan keluar kita pastikan dia dapat 10 hari. Kami tidak mau negeri ini dicederai, dicemari oleh Covid-19 yang lain [omicron, delta] gara-gara kita sendiri tidak disiplin," ujarnya.

Dia menyebutkan, bagi orang yang pulang dari luar negeri bisa menjalani karantina di hotel, apabila orang yang bersangkutan tidak mau karantina di hotel, maka petugas karantina bakal membawa orang itu ke karantina terpusat.

Selain itu, Luhut melanjutkan pemerintah akan mengevaluasi rekomendasi karantina agar tidak terlalu banyak rekomendasi yang tak jelas.

"Tadi ratas juga sebenarnya hanya mengevaluasi mengenai karantina, supaya karantina itu jangan terlalu banyak rekomendasi-rekomendasi yang nggak jelas. Jadi sekarang kita batasi," katanya.

Luhut mengatakan saat ini kurva pandemi Corona di Indonesia sedang turun. Dia mengimbau semua pihak bekerja sama agar kasus Corona tidak naik kembali, salah satunya dengan mematuhi aturan karantina. Luhut meminta masyarakat tidak berlibur ke luar negeri dulu supaya tidak membawa virus ke dalam negeri.

"Kita nggak boleh jemawa, kita sampai hari ini memang masih dalam level 1, dan kita masih confidence, tetapi semua harus kerja sama makanya kita imbau tadi nggak usah dulu libur-libur ke luar negeri dulu deh supaya jangan bawa penyakit ke dalam negeri, ini masih banyak tempat-tempat liburan di republik ini yang harus kita kunjungi," ujar Luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper