Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Hak Dasar, DPRD Kota Tangerang Minta Program PSEL Dituntaskan

Persoalan sampah selayaknya tak menjadi warisan bagi generasi mendatang.
Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Rawa Kucing/ tangerangkota.go.id
Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Rawa Kucing/ tangerangkota.go.id

Bisnis.com, JAKARTA- DPRD Kota Tangerang mendukung penuh realisasi pembangunan PSEL di Kota Tangerang sebagai wujud dukungan terhadap proyek strategis nasional.

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo menyampaikan, DPRD dalam fungsi pengawasan dan anggaran terus mengawasi dan memberikan masukan-masukan konstruktif terhadap rencana pembangunan fasilitas pengolahan sampah yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola persampahan di Kota Tangerang.

“Saat ini, proses nya sudah pada tahap akhir, kalau tidak ada halangan Pemkot dan konsorsium pemenang lelang dapat menyepakati secara formal. Keyakinan saya, prosesnya sudah mendekati selesai, dan segera masyarakat kota tangerang akan memiliki fasilitas PSEL yang mantap!,” ucap Gatot, , Rabu (9/12/2021).

Menurut Gatot, proses PSEL cukup dinamis. DPRD dalam menjalankan fungsi pengawasan juga secara cermat mempelajari dan menilai setiap informasi yang masuk.

Intinya, ditegaskan Gatot, payung hukum dari pemerintah sudah lengkap, dari Perpres 35/2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan sampai peraturan turunan.

“Komitmen saya, sebagai perwakilan masyarakat Kota Tangerang adalah mengawal dan menyukseskan, karena yang perlu fasilitas pengolahan sampah adalah kita semua. Saya sedih, dan ngeri juga melihat TPA Rawakucing yang semakin penuh dan memberikan dampak lingkungan yang tidak sedikit bagi masyarakat,” tegas Gatot.

Program PSEL, kembali ditegaskan Gatot, sangat penting untuk direalisasikan. Ia mencontohkan, saat ini fasilitas pengelolaan sampah masih konvensional, akibatnya sampah terus menumpuk di TPA. Jika tak ada terobosan seperti melalui PSEL, persoalan sampah akan berlanjut hingga di waktu mendatang.

“Hal ini sekaligus pembuktian kemajuan Kota Tangerang dibandingkan kota-kota lain di Indonesia, bahwa Kota Tangerang mampu membangun industri baru yang sejalan dengan peningkatan kontribusi ekonomi hijau nasional,” papar Gatot.

Karena itu, dia meminta semua pihak memberi dukungan duduk bersama, sehingga proyek PSEL tidak tertunda.  “Saya dan tentunya masyarakat jelas ingin PSEL Kota Tangerang segera dibangun, apalagi PSEL ini sudah dikaji secara komprehensif di tingkat pemerintah pusat, dan dikaji lagi oleh tingkat kota.  Saya juga meminta dukungan pemerintah pusat untuk terus memberikan asistensi ke Pemkot Tangerang agar dapat mengikuti praktik terbaik dalam membangun kerjasama yang membawa maslahat bagi masyarakat kami,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper