Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Minta Jajaran Gerak Cepat Tangani Korban Gunung Semeru

Wapres Ma’ruf Amin juga mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga korban dan seluruh masyarakat yang terdampak letusan Gunung Semeru
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021)./Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin meminta Menteri Sosial, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera menangani korban bencana letusan Gunung Semeru.

"Pertama, kita tentu menyampaikan sangat prihatin dengan peristiwa ini dan ikut merasakan penderitaan yang dialami masyarakat yang terkena daripada meletusnya Gunung Semeru dan juga adanya korban," katanya, dikutip dari laman Wapres RI, Minggu (5/12/2021).

Lebih lanjut, dia mendorong agar bantuan kepada masyarakat terdampak langsung disalurkan sehingga meminta Menteri Sosial untuk segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

“Saya minta kepada Mensos supaya segera melakukan pemberian bantuan,” perintahnya.

Selanjutnya, kepada BNPB, Wapres menginstruksikan agar melakukan langkah-langkah pencarian korban dan mengurus penyediaan tempat pengungsian.

“Kepada BNPB supaya mengambil langkah-langkah termasuk pengungsian, termasuk juga pencarian korban,” ujarnya.

Kemudian, Wapres meminta kepada Gubernur Jawa Timur beserta seluruh kepala daerah dan segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di wilayah Jawa Timur agar juga bergerak cepat memberikan bantuan.

“Termasuk Ibu Gubernur bersama dengan Walikota, Bupati, (dan) semua Forkompimda baik di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten untuk bersama-sama menanggulangi ini,” pintanya.

Adapun kepada Menteri Kesehatan, Wapres meminta agar segera menyiapkan dan memberikan pertolongan kepada para korban.

“Menkes supaya juga menyiapkan untuk penanggulangan perawatan, dan pencarian supaya terus dilakukan sesegera mungkin. Yang hilang dan korban-korban misalnya di rumah atau korban lainnya segera ditangani,” perintahnya.

Ma’ruf juga mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga korban dan seluruh masyarakat yang terdampak letusan Gunung Semeru.

“Kepada keluarga [korban] saya mengucapkan turut berduka cita dan semoga mereka diberikan kesabaran menghadapi musibah ini,” tuturnya.

Terakhir, dia meminta kepada masyarakat agar terus waspada dan kepada para petugas untuk melakukan mitigasi bencana sedini mungkin tidak hanya terkait meletusnya Gunung Semeru tetapi juga bencana lainnya.

“Kepada masyarakat supaya waspada, [agar] bisa menghindari sedini mungkin [adanya] korban, dan juga kepada para petugas supaya mengantisipasi untuk meminimalkan tiap terjadinya bukan saja gunung meletus, tapi juga longsor, banjir, supaya masyarakat diberi peringatan [warning] untuk menghindari atau meminimalkan [dampaknya],” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper