Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minta Arahan Jokowi soal Lokasi Formula E, Bamsoet: Salahnya di Mana?

Bamsoet menilai keinginan Co-Founder sekaligus Chief Championship Formula E Operations (FEO) Alberto Longo bertemu Presiden Jokowi untuk bahas Formula E sebagai bentuk penghormatan.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo./Antara
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menilai keinginan Co-Founder sekaligus Chief Championship Formula E Operations (FEO) Alberto Longo untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bentuk penghormatan.

Bambang mengatakan Longo berharap bertemu Presiden Jokowi atas permohonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meminta arahan terkait lokasi mana yang paling tepat untuk sirkuit Formula E.

"Mengingat ini adalah event internasional, Salahnya di mana? Justru, saya menilai hal itu merupakan bentuk penghormatan Alberto kepada Bapak Presiden sebagaimana dia melakukannya di beberapa negara," kata Bambang, Jumat (26/11/2021).

Terait dengan lokasi sirkuit, Bamsoet menjelaskan dari 5 lokasi pilihan, yakni Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS), lokasi yang dinilai paling tepat adalah kawasan Ancol.

"IMI, Alberto dan Jakpro yang nantinya akan bertanggungjawab mengambil keputusan dalam menentukan lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022," jelasnya.

Bambang menilai tidak sembarang lokasi bisa dijadikan sirkuit Formula E. Sebab, Formula E memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan balapan sejenis lainnya karena menggunakan jalan raya di tengah kota.

Pembangunan sirkuit, kata Bamsoet, tidak boleh mengganggu struktur yang sudah ada. Termasuk dengan mengubah atau memindahkan bangunan exisiting, atau memotong pepohonan, serta merusak lingkungan.

"Dengan demikian, membutuhkan keahlian khusus yang kompleks. IMI memastikan lokasi sirkuit yang dipilih akan dikembangkan lebih lanjut agar sesuai dengan standar FEO dan juga standar Fédération Internationale de l'Automobile/FIA," sambungnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini menegaskan gelaran Formula E menjadi ranah tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bukan Presiden Jokowi.

"Menanggapi pemberitaan bahwa venue, pemilihan jalur racing, dan hal-hal lain dalam penyelenggaraan Formula E akan diputuskan oleh Presiden, kami sampaikan bahwa hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab Pemprov DKI dan panitia penyelenggara," kata Faldo di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Faldo menyampaikan hal tersebut menanggapi pernyataan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang mengatakan bahwa keputusan final penentuan jalur Formula E ada di tangan Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper