Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhan Prabowo Pesan 2 Pesawat Airbus A400M, Ini Spesifikasinya

Menhan Prabowo Subianto mengatakan pesawat Airbus A400M akan memainkan peran kunci dalam misi utama TNI AU termasuk terjun payung dan transportasi kargo berat.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 19 November 2021  |  17:42 WIB
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan kontrak dua pesawat Airbus A400M di sela/sela kunjungannya di Dubai Airshow 2021 / Dok. Kemhan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan kontrak dua pesawat Airbus A400M di sela/sela kunjungannya di Dubai Airshow 2021 / Dok. Kemhan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI telah menandatangani kontrak pemesanan dua pesawat Airbus A400M untuk TNI Angkatan Udara (AU) dalam konfigurasi multirole tanker dan transport.

Kontrak yang ditandatangani di sela-sela acara Dubai Airshow 2021 tersebut akan berlaku efektif pada 2022, yang mencakup paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang lengkap. Dalam kesempatan tersebut Kemhan RI juga menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk akuisisi empat A400M di masa mendatang.

Airbus A400M adalah pesawat multi-peran yang dapat meningkatkan kemampuan taktis udara ke udara TNI AU.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan pesawat A400M juga akan memainkan peran kunci dalam misi utama lainnya termasuk terjun payung dan transportasi kargo berat.

“Selain kemampuan taktis dan udara ke udara, A400M akan menjadi aset nasional dan berperan penting untuk misi Bantuan Manusia dan Tanggap Bencana,” kata Menhan Prabowo dikutip dari keterangan resmi, Kamis (18/11/2021).

Pesawat ini pernah beberapa kali dipamerkan oleh Airbus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, yaitu pada Maret 2017, dan Agustus 2018.

Adapun pesawat A400M milik AU Perancis juga pernah dipakai utuk mengirim bantuan ke Lombok saat dilanda gempa bumi pada Agustus 2018 dan milik AU Malaysia pada gempa dan tsunami di Palu pada Oktober 2018.

A400M mampu diandalkan untuk pengangkutan taktis dan pengiriman personel dan barang untuk pendaratan di berbagai medan. Untuk pengangkutan strategis, A400M dapat mengangkut barang-barang dan alat logistik yang berat dan berdimensi lebar. Ruang angkut maksimal pesawat ini dapat menampung beban hingga 37 ton.

A400M adalah airlifter besar pertama yang mampu mengangkut beban berat seperti truk bahan bakar berkapasitas 80 ton dan ekskavator.

Selain itu, pesawat ini mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan lengkap siap tempur, dan juga mampu mengangkut Patriot Launcher dan Hemtt Truck, 9 Palet Military beserta 54 personel sekaligus.(Biro Humas Setjen Kemhan)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airbus alutsista kemhan prabowo subianto
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top