Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi! Jokowi Lantik 12 Dubes LBBP RI, Ini Daftarnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 calon duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI untuk negara-negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) RI di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 17 November 2021 - Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) RI di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 17 November 2021 - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 calon duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI untuk negara-negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11).

Dikutip dari YouTube Setpres, Rabu (17/11), pelantikan tersebut didasarkan atas Keputusan Presiden RI Nomor 139B Tahun 2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Keppres yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti itu ditetapkan tanggal 16 November 2021

Usai pembacaan Keppres, Kepala Negara kemudian mengambil sumpah para Dubes LBBP yang dilantik.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melaksanakan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh,” ucap Presiden Joko Widodo saat mendiktekan penggalan sumpah jabatan Dubes LBBP, Rabu (17/11/2021).

Adapun 12 calon duta besar LBBP RI yang dilantik adalah:
1. Dubes LBBP RI untuk Italia, M. Prakosa;
2. Dubes LBBP RI untuk Portugal, Rudy Alfonso;
3. Dubes LBBP RI untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra;
4. Dubes LBBP RI untuk Polandia, Anita Luhulima;
5. Dubes LBBP RI untuk Kroasia, Suwartini Wirta;
6. Dubes LBBP RI untuk India, Ina Krisnamurti;
7. Dubes LBBP RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak;
8. Dubes LBBP RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi;
9. Dubes LBBP RI untuk Austria, Damos Agusman;
10. Dubes LBBP RI untuk Bangladesh, Heru Subolo;
11. Dubes LBBP RI untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto; dan
12. Dubes LBBP RI untuk Tanzania, Triyogo Jatmiko.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Lalu posisi KSAD kini dijabat oleh Dudung Abdurachman yang sebelumnya menjabat Pangkostrad.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito yang akan memasuki masa pensiun juga digantikan Mayor Jenderal TNI Suharyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper