Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Cek Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud

Begini cara mengecek bantuan kuota data internet gratis dari Kemendikbudristek untuk masing-masing provider.
Aktivitas WFH membutuhkan dukungan internet WiFi yang cepat dan stabil. Biznet
Aktivitas WFH membutuhkan dukungan internet WiFi yang cepat dan stabil. Biznet

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melanjutkan bantuan kuota data internet gratis. Begini cara mengecek Anda sudah menerima bantuan kuota atau tidak.

Dikutip dari Instagram @kominfo, pemerintah telah menyiapkan anggaran dana sebesar Rp2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kuota data internet yang diperuntukkan bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Bantuan kuota data internet pada tahap pertama dan kedua sudah disalurkan pada bulan September dan Oktober 2021. Bantuan kuota data internet ini akan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Besaran bantuan kuota internet yang akan diperoleh dibagi dalam satuan pendidikan. Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memperoleh kuota sebanyak 7 GB per bulan; siswa Pendidikan Dasar dan Menengah memperoleh kuota sebanyak 10 GB per bulan.

Sementara, pendidik PAUD Dikdasmen memperoleh kuota sebanyak 12 GB per bulan; dosen dan mahasiswa memperoleh kuota sebanyak 15 GB per bulan.

Untuk diketahui, penerima bantuan paket kuota data internet baru pada tahun 2021 ini harus memenuhi persyaratan mulai dari peserta Didik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah harus terdaftar di aplikasi Dapodik; dan memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/ orang tua/anggota keluarga/wali.

Kemudian, pendidik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah harus terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif; dan memiliki nomor ponsel aktif.

Selain itu, mahasiswa yang terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree); memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan; dan memiliki nomor ponsel aktif.

Sementara, dosen yang terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif; memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP); dan memiliki nomor ponsel aktif.

Adapun untuk tahap ketiga akan dilaksanakan pada 11—15 November 2021, berikut Bisnis merangkum cara cek bantuan Kuota Internet Gratis yang cair mulai Kamis (11/11/2021) hingga Senin (15/11/2021).

1. Telkomsel

•      Tekan *888# > pilih "Cek Pulsa & Kuota" > pilih "Cek Kuota". Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS

•      Aplikasi myTelkomsel: beranda > internet

2. Indosat Ooredoo

•      Tekan *123*075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS

•      Aplikasi myIM3 > beranda > data

3. Tri

•      Tekan *123*10*3#, lalu informasi kuota akan dikirim via SMS.

•      SMS: ketik "INFO KUOTA" kirim ke 234

•      Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda

4. XL Axiata & Axis

•      Tekan *123*7*1# > "Cek Kuota" Informasi akan dikirim via SMS Aplikasi myXL (XL) Aplikasi AxisNet (Axis)

5. Smartfren

•      Tekan *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS

•      SMS dengan format "Cek", kirim ke 995

•      Aplikasi MySmartfren, lalu buka menu "Paket Saya"

Selanjutnya, untuk dapat menerima paket bantuan kuota bulan September-November 2021, segera melaporakan ke operator/pimpinan satuan pendidikan agar dapat diusulkan dengan pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) melalui https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau https://kuotadikti.kemdikbud.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper