Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Hari Pahlawan, PDIP Gowes Bersama di Kawasan Kota Tua

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga mengatakan aksi gowes berhasama di Kota Tua, Jakarta Barat untuk menyambut Hari Pahlawan.
DPP PDI Perjuangan menggelar acara gowes santai bersama di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat pada Minggu (7/11/2021).
DPP PDI Perjuangan menggelar acara gowes santai bersama di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat pada Minggu (7/11/2021).

Bisnis.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan menggelar gowes bersama di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat pada Minggu (7/11/2021) Aksi gowes bersama ini digelar untuk memeriahkan Peringatan Sumpah Pemuda sekaligus menyambut Hari Pahlawan pada 10 November 2021. 

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga mengatakan sengaja memilih Kawasan Kota Tua sebagai lokasi bersepeda karena identik dengan sejarah Jakarta. Pada masa kolonial Belanda pada tahun 1600-an, wilayah yang dulunya bernama Batavia ini merupakan salah satu titik perdagangan Kerajaan Sunda.

“Jadi, kita rasakan bagaimana rasanya pada zaman dulu ini menjadi pusat kehidupan di Kota Jayakarta atau Kota Batavia yang dikenal sekarang sebagai Kota Jakarta,” kata Eriko, Minggu (7/11/2021).

Menurutnya, kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan kader, simpatisan PDI Perjuangan dan masyarakat umum.

Adapun, panjang lintasan gowes sekitar 6,5 kilometer, yakni dari Kawasan Kota Tua menuju Jalan Hayam Wuruk dan berputar arah ke Jalan Gajah Mada untuk kembali ke titik pemberangkatan.

“Kami pastikan acara tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker dan menjaga jarak. Kami tidak boleh lengah sekalipun sudah divaksin Covid-19,” ujarnya.

Eriko menilai kegiatan ini digelar tidak hanya untuk kesehatan jasmani saja, tapi rohani.

Dia meminta kepada khalayak tidak selalu mengaitkan partai politik yang cenderung berambisi merebut kekuasaan saja. Banyak sekarang yang menilai bahwa partai politik itu berpikir kekuasaan saja, misalnya untuk menjadi Gubernur, Wali Kota dan Bupati, anggota DPR dan DPRD

“Padahal tidak seperti itu. Politik itu adalah suci, kalau meminjam istilah dari pak [almarhum] Sabam Sirait, bahwa politik itu berkuasa untuk bermanfaat bagi masyarakat,” lanjutnya.

Dia berharap kegiatan positif tersebut tidak terhenti di sini saja. Namun, setiap DPC PDI Perjuangan di wilayah Jakarta melakukan ragam kegiatan untuk menyambut Hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda.

Salah satu contohnya DPC PDI Perjuangan Jakarta Barat yang fokus menggelar gowes sehat, sedangkan di Jakarta Timur menggelar aksi donor darah. Lalu, untuk Jakarta Pusat melaksanakan acara khitan dan Jakarta Utara melakukan aksi donor darah serta vaksinasi Covid-19 secara gratis.

“Kegiatan positif ini memang rutin kami lakukan bersama-sama dengan masyarakat, termasuk juga menanam pojon dan merawat sungai seperti membersihkan sampah. Semua kami lakukan secara berurutan dan terjadwal dengan baik,” jelasnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Barat Siegfrida Lauw mengatakan dia berharap tubuh peserta semakin sehat, sekaligus mengkampanyekan pentingnya berolahraga.

“Kami ingin bangun kesadaran bersama masyarakat, untuk menikmati kehidupan ini agar menjadi lebih sehat dan lebih baik. Jadi, tidak hanya memikirkan soal kekuasaan, tapi bersama-sama untuk memajukan bangsa,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper