Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ENZ Ingin Terus Bekerja Sama dengan Guru-guru Indonesia

Kolaborasi pendidikan terutama dalam meningkatkan kualitas guru masih sangat dibutuhkan.
Guru mengajar di kelas./Antara
Guru mengajar di kelas./Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Education New Zealand, ingin terus bekerja sama  dengan guru-guru di Indoensia dengan memperkenalkan metode belajar kreatif yang dikembangkan di Selandia Baru. 

Direktur Regional Asia ENZ, Ben Burrowes mengatakan bahwa Oktober lalu pihaknya menggelar serangkaian lokakarya  untuk menyusun pelajaran sains yang lebih efektif dengan peserta para guru dari jaringan sekolah Cikal. 

“Sesi pertama lokakarya diadakan pada 9 Oktober lalu dan ditutup 30 Oktober yang difasilitasi oleh Srirparna Saha, kandidat Ph.D dari jurusan Geoeducation di Universitas  Canterbury, Selandia Baru,” ujarnya dalam pernyataan tertulis yang diteirma, Rabu (3/11/2021). 

Lanjutnya, lokakarya ini mewakili upaya Selandia Baru dalam memperluas kesempatan lebih banyak masyarakat di luar negara  untuk merasakan pengalaman gaya belajar ala Selandia Baru yang disebut matauranga maori, atau pengetahuan maori. 

Metode ini, tutur Ben, merupakan hal holistik dan merujuk pada pengetahuan, pengertian, dan pemahaman tentang semua hal yang kasat mata maupun tidak yang hadir dalam semesta  dan gunung berapi adalah bagian dari upaya tersebut. Yang terpenting, kata dia, dasar dari metode itu adalah memandang pengetahuan yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran lisan. 

“Lokakarya yang dibimbing oleh  Sriparna Saha telah memungkinkan para guru Indonesia untuk belajar bagaimana kami mengajar di Selandia Baru dan mengaplikasikannya ke dalam konteks pendidikan lokal dan masa kini, di mana alat-alat digital mulai memainkan peran yang lebih besar dalam pengajaran. Kami berharap dapat terus menyelenggarakan lokakarya bersama seperti ini dengan para ahli kami di Selandia Baru dan para mitra kami di Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu Sriparna Saha mengatakan bahwa berbagi pengalaman dengan guru-guru dari Indonesia merupakan kesempatan yang luar biasa. Selama lokakarya, mereka berhasil mendiskusikan ide-ide tentang beragam cara untuk mengintegrasikan informasi dan teknologi komunikasi ke dalam kelas-kelas yang berbeda, dengan memperhatikan bahwa tujuan utama pelajaran-pelajaran ini adalah bukan hanya untuk membuat belajar menjadi menyenangkan dan penuh arti bagi mereka, namun juga untuk memuaskan rasa haus mereka akan ilmu. 

Lokakarya ini merupakan yang terbaru dari serial  dari ENZ yang bermula pada 2017. Rangkaian lokakarya ini menggarisbawahi tujuan ENZ yaitu diplomasi pengetahuan, berbagi keahlian, kursus, dan keterampilan yang dimiliki New Zealand untuk ditawarkan pada masyarakat internasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper