Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEK FAKTA: Hanya Jokowi yang Pakai Masker saat Foto Bersama di KTT G20?

Dalam sebuah unggahan foto di media sosial, Presiden Jokowi terlihat satu-satunya delegasi KTT G20 yang mengenakan masker usai foto bersama. Bisnis menelusuri hal tersebut dan mendapatfkan foto lain dari momen tersebut.
Para pemimpin dunia berkumpul untuk sesi foto resmi pada hari pertama KTT G20 di pusat konvensi La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). /Antara Foto
Para pemimpin dunia berkumpul untuk sesi foto resmi pada hari pertama KTT G20 di pusat konvensi La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). /Antara Foto

Bisnis.com, JAKARTA — Seorang warganet dengan akun Twitter @panca66 menggunggah foto Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai foto bersama seluruh delegasi KTT G20 di Roma, Italia. Disebutkan hanya Kepala Negara RI yang mengenakan masker.

“Hanya presiden Jokowi yang taat prokes. Memakai masker di segala kondisi. Bangga,” tulis @panca66.

Unggahan tersebut menjadi ramai. Ternyata, foto yang diunggah @panca66 adalah sebuah potongan.

Bisnis.com mendapatkan gambar utuh dari akun Instagram Jokowi. Di situ, Presiden tidak sendirian mengenakan masker.

“Setelah sesi foto bersama seluruh delegasi G20, KTT pun dimulai dengan sesi working lunch tentang ekonomi dan kesehatan global,” tulis keterangan foto yang diunggah Jokowi.

Selain itu, beredar juga foto lain di sosial media yang menunjukan tidak hanya Presiden Jokowi yang mengenakan masker saat sesi foto bersama tersebut. 

Adapun dikutip dari situs setkab.go.id, sejumlah pemimpin negara terlihat turut menghadiri KTT G20 yang mengusung tema “People, Planet, Prosperity” ini.

Tampak hadir PM Australia Scott Morrison, PM Spanyol Pedro Sanchez, PM Inggris Boris Johnson, PM Kanada Justin Trudeau, PM India Narendra Modi, dan PM Belanda Mark Rutte.

Hadir juga Presiden Argentina Alberto Fernández, PM Singapura Lee Hsien Loong. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Republik Demokratik Kongo Felix Tshisekedi, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Presiden Republik Korea Moon Jae-in, Presiden Rwanda Paul Kagame, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Usai penyambutan kedatangan, para pemimpin kemudian melakukan sesi foto bersama. Terlihat Presiden Joko Widodo berada di baris tengah depan diapit oleh PM Mario Draghi dan Sultan Darussalam Hassanal Bolkiah.

Sesi foto bersama ini juga diikuti oleh sejumlah petugas kesehatan. Usai foto bersama acara dilanjutkan pembukaan KTT dan pertemuan sesi I dengan tema “Global Economy and Global Health”.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi, menyampaikan, hari ini Presiden Jokowi juga diagendakan untuk menghadiri side event mengenai dukungan usaha kecil dan menengah dan bisnis milik perempuan dan secara khusus diminta untuk menjadi pembicara.

“Kemudian Bapak Presiden juga akan menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam yang akan dituanrumahi oleh Perdana Menteri Italia,” ujar Retno dalam keterangan persnya Jumat (29/10/2021) malam waktu setempat.

Dengan demikian, unggahan soal hanya Jokowi yang mengenakan masker tidak benar. Di Instagram Jokowi sendiri ada juga delegasi G20 yang memakai penutup mulut sebagai upaya menekan penyebaran virus Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper