Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Fakta Temuan Tas Berisi Cek Rp35,9 M oleh Petugas Kebersihan Bandara

Penemuan tas tangan Mountblack berisi cek Rp35,9 miliar oleh petugas kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta menjadi viral. Berikut sejumlah fakta tentang hal tersebut.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, SOLO - Tertinggalnya tas tangan tas tangan Mountblack berwarna coklat berisi cek senilai Rp35,9 miliar di kursi ruang tunggu di Central Corridor Depature Terminal 2 E, Bandara Soekarno-Hatta, membuat sosok Halimah seketika menjadi viral.

Diketahui, Halimah adalah petugas kebersihan bandara yang menemukan tas tersebut.

Saat mendapati tas tersebut, perempuan yang tinggal bersama suami dan dua anaknya di di Desa Bojongrenged, Teluk Naga, Tangerang itu langsung menyerahkan temuan kepada petugas Aviation Security (Avsec) Bandara.

Terkait hal itu, berikut adalah fakta-fakta seputar penemuan tas dengan cek senilai Rp35,9 miliar ini.

1. Isi tas

Tas tangan yang ditemukan Halimah berisi, empat buku tabungan dari bank yang berbeda, paspor, stempel, dan dua lembar cek.

"Satu masih kosong, tapi sudah ditandatangani, satu lagi sudah diisi nominal Rp 35,9 miliar sudah ditandatangani dan distempel," kata General Manager Wilayah I PT Angkasa Pura Solusi, Toyib Fanani, kepada Tempo, dikutip Minggu (31/10/2021).

2. Halimah sudah biasa temukan barang penumpang

Halimah mengaku tidak kaget saat menemukan tas yang ternyata berisi cek bernilai miliaran rupiah itu. Pasalnya, selama 10 tahun bekerja sebagai petugas kebersihan di bandara, dia telah menemukan banyak barang penumpang yang tertinggal.

"Dari laptop, tas, dan ponsel yang paling banyak," kata Halimah, dikutip dari Tempo pada Minggu (31/10/2021).

3. Bagian dari Standar Operasional Prosedur (SOP)

Perempuan 36 tahun ini mengatakan, teman-temannya yang lain juga sering menemukan barang milik penumpang atau pengunjung Bandara Soekarno-Hatta. Saat itu juga, mereka pun akan melaporkan kepada Aviation Security (Avsec) Bandara tanpa memeriksa isinya--karena merupakan bagian dari tanggungjawab pekerjaannya.

"Sesuai SOP, barang tersebut kami amankan dan laporkan. Besar atau kecil nilai barang, selama itu bukan milik kami, sudah jadi kewajiban petugas di lapangan untuk melaporkannya,” kata Halimah.

4. Naik jabatan karena jujur

Berkat kejujurannya setelah menemukan tas berisi cek Rp35,9 miliar, PT Angkasa Pura Solusi menaikkan jabatan Halimah sebagai penyelia. Perusahaan juga menyatakan bahwa kinerja Halimah selama ini sangat baik.

"Jabatannya kami naikan satu level," kata General Manager Wilayah I PT Angkasa Pura Solusi, Toyib Fanani.

5. Pemilik tas belum hubungi Bandara Soekarno-Hatta

Hingga Sabtu (30/10/2021) kemarin, pengelola Bandara Soekarno-Hatta belum menerima konfirmasi dari pemilik tas tangan berisi cek senilai Rp35,9 miliar ini. Meski begitu, identitas pemilik tas sudah diketahui, yakni Sunardi.

"Diduga dia penumpang pesawat tujuan domestik, ini bisa dilihat dari alur ditemukannya tas tangan itu," kata General Manager Wilayah I PT Angkasa Pura Solusi, Toyib Fanani.

Pemilik tas diharapkan menghubungi call center di nomor 138.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper