Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Kunker Keliling 3 Negara Hingga 5 November, Ini Agendanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi tiga negara dalam rangka kunjungan kerja (kunker) yang dimulai pada hari ini, Jumat (29/10).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bertolak ke Roma untuk menghadiri KTT G20 pada Jumat, 29 Oktober 2021. Pada KTT tersebut, Presiden Jokowi akan menerima tongkat estafet Presidensi G20 dari PM Italia - BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bertolak ke Roma untuk menghadiri KTT G20 pada Jumat, 29 Oktober 2021. Pada KTT tersebut, Presiden Jokowi akan menerima tongkat estafet Presidensi G20 dari PM Italia - BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi tiga negara dalam rangka kunjungan kerja (kunker) yang dimulai pada hari ini, Jumat (29/10).

Dia menyebutkan, tiga negara yang akan dikunjungi dalam lawatan kali ini adalah Italia, Inggris/Britania Raya, dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Pagi hari ini saya akan memulai kunjungan kerja ke tiga negara, yakni ke Italia kemudian ke Inggris Raya dan ke Persatuan Emirat Arab (UEA)," kata Jokowi dalam konferensi pers melalui YouTube Setpres, Jumat (29/10/2021).

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan untuk dua kunjungan ke Roma, Italia dan Glasgow, Britania Raya adalah untuk berpartisipasi pada ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)

Dia memerinci, untuk KTT G20 konferensi tersebut akan berlangsung pada 30-31 Oktober 2021 di Roma, Italia. Dirinya akan diminta berbicara dalam event mengenai UMKM dan peran perempuan.

"Dalam acara utama G20 saya juga telah diminta untuk berbicara dalam saat event mengenai usaha mikro, usaha kecil, UMKM dan peran perempuan. Undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan, keberpihakan kita kepada UMKM dan peran perempuan dalam bisnis UMKM," kata Jokowi.

Selain itu, dia mengatakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin dunia dan menerima presidensi G20.

"Di akhir KTT, Indonesia akan menerima keketuaan presidensi G20 dari Italia. Keketuaan Indonesia ini akan dimulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. Kegiatan G20 di bawah kepemimpinan Indonesia sudah akan dimulai bulan Desember ini. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kita, bagi Indonesia dan sekaligus tanggung jawab yang besar, yang harus kita jalankan dengan baik," jelasnya.

Dari Roma, Jokowi akan bertolak ke Glasgow, Britania Raya untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim COP26 yang berlangsung pada 1-2 November 2021 dan dipimpin Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

"Posisi Indonesia untuk isu perubahan iklim adalah sangat konsisten dan kita bekerja keras untuk memenuhi apa yang sudah kita komitmenkan. Kita tidak ingin ikut dalam retorika yang pada akhirnya tidak dapat kita jalankan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan untuk isu perubahan iklim, Indonesia memiliki peran yang sangat penting, peran yang sangat strategis, antara lain karena Indonesia adalah salah satu pemilik hutan tropis dan hutan mangrove terbesar di dunia.

“Sudah menjadi komitmen Indonesia untuk menjadi bagian solusi isu perubahan iklim," katanya.

Jokowi menyebutkan, dirinya akan mengunjungi Paviliun Indonesia di event tersebut untuk menunjukkan capaian dan peluang kerja sama penanganan perubahan iklim.

"Saya juga akan melakukan sejumlah pertemuan pertemuan bilateral. Selain itu saya juga akan melakukan temu bisnis dengan pimpinan bagian dunia bisnis dari Inggris yang merencanakan investasi ke Indonesia," kata Jokowi.

Terakhir, Jokowi mengatakan akan mengunjungi Dubai, UEA pada 3—4 November 2021 untuk bertemu dengan putra mahkota dan ruler of Dubai dan akan mengunjungi Paviliun Indonesia di Dubai Expo.

"Ini adalah kunjungan bilateral pertama saya di masa pandemi. Saya akan pergunakan kunjungan ini untuk memperkuat kerja sama, terutama bidang perdagangan dan investasi. Akan terdapat pertemuan-pertemuan dengan bisnis yang akan dihadiri dan hasilnya akan baik bagi ekonomi kita. Tentunya saya akan melakukan pertemuan dengan putra mahkota dan juga ruler of Dubai, dan acara di Dubai akan saya akhiri dengan mengunjungi Dubai Expo di mana kita memiliki Paviliun Indonesia," paparnya.

Jokowi mengungkapkan akan kembali ke Indonesia pada 5 November 2021. "Saya akan tiba [kembali] di Indonesia tanggal 5 November pagi hari," ungkap Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper