Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 di Singapura Catat Rekor, Indonesia Perlu Waspada

Singapura mengalami lonjakan kasus harian Covid-19 yang tidak biasa, karena mencapai 5.324 pada Rabu, 27 Oktober 2021 atau mencatat rekor tertinggi.
Warga menyeberang jalan di tengah penyebaran penyakit Covid-19 di Singapura, Jumat (14/5/2021)./Antara-Reuters
Warga menyeberang jalan di tengah penyebaran penyakit Covid-19 di Singapura, Jumat (14/5/2021)./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah perlu waspada terhadap potensi lonjakan kembali kasus Covid-19 seperti yang saat ini dialami beberapa negara tetangga Indonesia seperti Singapura dan Malaysia.

Singapura dan Malaysia turut mencatatkan rekor tertinggi kasus harian Covid-19. Dikutip dari Channel News Asia, Singapura mengalami lonjakan kasus harian Covid-19 yang tidak biasa, karena mencapai 5.324 pada Rabu, 27 Oktober 2021 dan rekor terbesar mereka sejak awal pandemi.

Kementerian Kesehatan Singapura menyebutkan tengah mempelajari lonjakan kasus yang menyebabkan adanya catatan 10 kematian baru akibat Covid-19 pada Rabu (27/10/2021), sehingga jumlah korban menjadi 349.

"Angka infeksi luar biasa tinggi hari ini, sebagian besar karena banyak kasus positif Covid-19 yang terdeteksi oleh laboratorium penguji dalam beberapa jam pada sore hari," kata kementerian kesehatan dalam sebuah pernyataan, dikutip Kamis (28/10/2021).

Alhasil, atas lonjakan kasus tersebut Singapura memutuskan untuk memperpanjang beberapa pembatasan sosial dalam rangka menahan penyebaran virus selama sekitar satu bulan untuk mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan.

Pihak berwenang telah menerapkan kembali pembatasan yang mencakup membatasi interaksi sosial dan makan di luar untuk dua orang guna memperlambat penularan virus.

Sekadar informasi, sekitar 84 persen populasi Singapura telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Sejumlah warga juga berinisiatif mengambil suntikan booster secara mandiri.

Sementara itu, Berdasarkan data dari Worldometers juga mengumumkan pasien positif Covid-19 di Malaysia bertambah 6.148 orang per Rabu (27/10/2021) dengan tambahan 98 kasus kematian pada hari yang sama.

Selama seminggu terakhir, rata-rata pasien positif corona di Negeri Harimau Malaya tersebut bertambah 5.765 orang per hari. Turun dibandingkan rerata tujuh hari sebelumnya yakni 6.898 orang per hari, tetapi masih jauh di atas Indonesia.

Selanjutnya, Filipina turut mencatatkan adanya penambahan kasus sebanyak 3.218 orang per Rabu (27/10/2021) dengan tambahan 271 kasus kematian pada hari yang sama.

Sedangkan, Australia mengalami tambahan pasien Covid-19 sebanyak 1.753 orang dengan tambahan 16 kasus kematian baru pada Rabu (27/10/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper