Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS: Vaksin Pfizer Efektif Cegah Covid-19 untuk Anak 5-11 Tahun

FDA AS merekomendasikan vaksin Pfizer untuk anak usia 5-11 tahun karena efektif mencegah Covid-19 hingga 90,7 persen.
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech/BBC
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech/BBC

Bisnis.com, JAKARTA - Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyebut vaksin Pfizer-BioNTech efektif mencegah penularan Covid-19 untuk anak usia 5-11 tahun.

Berdasarkan dokumen Vaccines and Related Biological Products Advisory Committee (VRBPAC) yang dikutip, Rabu (27/10/2021), data dari Pfizer-BioNTech menunjukkan bahwa vaksin tersebut 90,7 persen efektif untuk mencegah penularan Covid-19 untuk anak usia 5-11 tahun.

Pemberian vaksin untuk anak usia tersebut dinilai penting untuk melindungi dari virus serta menghambat penularannya kepada orang lain. Adapun, vaksinasi juga mengurangi efek sosial dan pendidikan karena dampak penutupan sekolah, di samping masalah ekonomi.

Komite penasihat FDA, dalam dokumen tersebut, mempertimbangkan pemberian dosis, keamanan dan tolerabilitas vaksin, efektivitas vaksin, hingga risiko dan efek samping sepertimiokarditis, sejenis peradangan jantung.

Namun, manfaat vaksinasi dinilai lebih besar dibandingkan dengan risiko miokarditis dan perikarditis tersebut. Penilaian itu disetujui oleh penasihat independen.

Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech untuk usia 5-11 tahun diberikan sebagai seri utama dari dua dosis 10 g BNT162b2 dalam masing-masing 0,2 mL, diberikan dalam interval 3 minggu.

Kabar baik ini juga mendapatkan respons dari Dr. Faheem Younus, pakar penyakit menular asal Amerika Serikat, melalui akun Twitter resminya.

"This tightens our grip on the pandemic. What seemed never ending in 2020 can end…only if the vaccines are equitably distributed," tulis Younus yang diunggah, Rabu (27/10/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper