Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balas Hasto PDIP, Demokrat: SBY Tak Koar-Koar Prestasi

PDIP dan Demokrat saling sindir dan membandingkan prestasi di era pemerintahan SBY dengan Jokowi.
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan arahan kepada para pemimpin dan kader Partai Demokrat, Rabu, 24 Februari 2021 - Youtube Partai Demokrat
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan arahan kepada para pemimpin dan kader Partai Demokrat, Rabu, 24 Februari 2021 - Youtube Partai Demokrat

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menanggapi sindiran dari Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto terkait pemerintahan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Herzaky mengatakan pemerintahan SBY pada 2004-2014 tak perlu berkoar tentang prestasi yang dicapai. Hal itu disampaikannya untuk menanggapi sindiran Sekjen PDIP terhadap pemerintahan satu dekade lalu.

"Memang pemerintahan SBY dulu tidak merasa perlu koar-koar punya prestasi ini-itu," kata Herzaky dalam keterangannya, Jumat (22/10/2021) malam.

Herzaky mengatakan masyarakat merasakan langsung manfaat dari pemerintahan SBY. Dia mencontohkan penanganan tsunami Aceh yang diapresiasi masyarakat Indonesia dan dunia internasional.

"Dianggap sebagai penanganan terbaik untuk bencana dan dijadikan kajian di berbagai negara sebagai best practices," kata Herzaky.

Dia juga mengungkit pengangkatan 1,1 juta guru honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Menurutnya, kader Demokrat selalu diapresiasi oleh para keluarga besar guru yang dulu diangkat menjadi PNS di era SBY.

"Kalau untuk era sekarang seharusnya bisa lebih baik, bukan malah mundur jauh ke belakang," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya bangga dengan apresiasi dunia terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dianggap berhasil mengatasi pandemi Covid-19. Menurut Hasto, PDIP bangga karena kepemimpinan Jokowi yang turun ke bawah, melihat akar persoalan, dan mencari solusi menyeluruh.

Hasto mengatakan Jokowi memiliki kelebihan dibanding pemimpin lain. Jokowi, kata dia, adalah sosok yang turun ke bawah kemudian memberikan arahan, mengadakan rapat kabinet terbatas, lalu mengambil keputusan dalam forum tersebut.

"Berbeda dengan pemerintahan sepuluh tahun sebelumnya, terlalu banyak rapat tidak mengambil keputusan," ucap Hasto lewat keterangan tertulis, dikutip Jumat (22/10/2021).

Herzaky melanjutkan, Demokrat ikut bersyukur atas melandainya pandemi Covid-19 di Tanah Air. Dia mengatakan hal tersebut sesuai harapan bersama setelah pemerintah awalnya berkali-kali menganggap remeh Covid-19. Dampaknya ratusan ribu nyawa rakyat Indonesia menjadi korban.

Namun, dia menganggap capaian ini tak lepas dari peran berbagai pihak. Seperti epidemiolog, tenaga kesehatan, pihak lainnya, bahkan Partai Demokrat, yang tak henti mengingatkan pemerintah agar serius menangani pandemi.

"Agar tidak mementingkan ekonomi tetapi malah mengorbankan banyak nyawa rakyat Indonesia karena pandemi demi ekonomi semata," ujarnya.

Menurut Herzaky, Demokrat bersama para epidemiolog, pakar kesehatan, dan banyak pihak lain terus mengingatkan pemerintah agar mau menerima masukan. Khususnya dari para pakar yang menyarankan supaya penanganan Covid-19 benar-benar berbasis data dan kajian ilmiah, bukan rasa atau kepentingan kelompok tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper