Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Kedekatan Jokowi-Haji Isam, dari Prabik Gula hingga Biodiesel Kalsel

Kedekatan Jokowi dan Haji Isam bisa ditelusuri dari momen Pilpres 2024, pembangunan pabrik gula di Bombana, dan pabrik biodiesel di Kalimantan Selatan.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Pabrik Biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021) - BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Pabrik Biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021) - BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya yang merupakan anak usaha dari Jhonlin Grup di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Perusahaan ini milik pengusaha Samsudin Andi Arsyad atau Haji Isam.

Haji Isam adalah konglomerat asal Kalsel. Dia pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Pemenangan Jokowi - Ma'ruf Amin. Artinya kedekatannya dengan Jokowi bukan sesuatu yang baru.

Jokowi yakin potensi dari pabrik biodiesel ini akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak, khususnya setelah mulai beroperasi pada Oktober 2021.

"Kenapa saya mau datang ke sini, alasan besarnya adalah perusahaan PT Jhonlin mampu membuka lapangan pekerjaan yang banyak," kata Jokowi dalam sambutannya seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/10/2021).

Dalam catatan Bisnis, Presiden Joko Widodo juga pernah meresmikan pabrik gula berkapasitas terbesar di Indonesia yang berada di Bombana, Sulawesi Tenggara hari ini, Kamis (22/10/2020). Prabik gula ini merupakan milik Haji Isam.

Berdasarkan siaran pers dari Istana, Jokowi mengapresiasi pembangunan pabrik gula yang dioperasikan oleh PT Alam Gemilang. Presiden memuji karena pengusaha tersebut berani membuka usaha di tempat yang terbilang terpencil.

"Ini adalah sebuah keberanian. Keberanian membuka sebuah investasi dan usaha di tempat ini [Bombana]. Ini yang harus kita apresiasi dan hargai," ujarnya dalam siaran pers yang dikutip Bisnis.

Adapun catatan Bisnis, pemilik pabrik gula itu bernama lengkap PT Prima Alam Gemilang. Perusahaan itu adalah anak usaha PT Jhonlin Batu Mandiri (Jhonlin Group). Jholin Group dimiliki oleh Andi Syamsuddin Arsyad.

Pengusaha kaya asal Bone, Sulawesi Selatan, itu biasa disapa dengan sapaan Haji Isam. Dia justru terkenal sebagai penambang batu bara di Batu Licin, Kalimantan Selatan. Bahkan, kantor pusatnya dari semula di Jakarta dipindah ke Tanah Bumbu, Kalsel.

PT Jhonlin Group adalah induk dari usahanya. Perusahaan ini memiliki beberapa linis bisnis dan unit usaha di berbagai bidang, seperti pertambangan batu bara, jasa pelabuhan, bongkar-muat di laut lepas, dan bisnis infrastruktur.

Haji Isam juga memiliki perusahaan PT Jhonlin Agro Mandiri yang bergerak di bidang pengolahan karet remah dan minyak sawit (crude palm oil). Dia juga tercatat memiliki persewaan pesawat jet pribadi.

Menurut informasi, Haji Isam yang hobi mobil balap ini memiliki koleksi mobil berharga miliaran rupiah hingga tim balap Jhonlin Racing Team yang memiliki fasilitas kelas dunia di Batu Licin.

Selain pengusaha, Haji Isam adalah politisi. Dia adalah anggota Partai Amanat Nasional (PAN). Dia sempat membuat gempar karena dukungan DPW PAN Kalsel kepada pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Pasalnya, PAN secara resmi menjatuhkan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Haji Isam juga tercatat sebagai bekas Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional atau Jokowi – Ma’ruf Amin. Namun, belakangan dikabarkan Haji Isam mundur dari PAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper