Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Doa Nabi Yunus Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Doa Nabi Yunus ini dianjurkan dibaca saat Anda menghadapi musibah.
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa

Bisnis.com, SOLO - Dalam Alquran dijelaskan bahwa doa Nabi Yunus adalah salah satu doa yang mustajab. Doa tersebut dipanjatkan oleh Nabi Yunus selama ia berada di dalam perut ikan paus.

Diceritakan, saat tengah menjalankan tugas dakwah, Nabi Yunus pergi meninggalkan kaum Ninawa dalam keadaan kesal lantaran tidak mau diajak beriman kepada Allah SWT. Ia lalu menaiki sebuah kapal bersama dengan pengikutnya.

Singkat cerita, Nabi Yunus lalu dilempar ke laut karena kapal yang ditumpanginya kelebihan muatan dan hampir tenggelam. Selanjutnya, ia pun diselamatkan sekaligus diberi cobaan oleh Allah SWT. Nabi Yunus ditelan oleh ikan paus yang sangat besar, namun daging dan tulangnya tidak hancur sama sekali.

Nah, dalam kondisi yang serba sulit itu, nabi pun menyadari bahwa hanya Allah SWT yang bisa menyelamatkannya dan membantunya dari perut ikan paus itu.

Selama 40 hari berturut-turut, ia lantas meminta pengampunan kepada Allah SWT dengan membaca sebuah doa. Atas kesungguhannya, Allah SWT lalu mengabulkan doanya.

Dari kisah tersebut, doa Nabi Yunus ini lalu banyak diamalkan saat seseorang tengah menghadapi musibah atau ingin terhindar dari malapetaka.

Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani dalam kitab Abwab al-Faraj bahkan mengungkapkan bahwa tak sedikit ulama dan wali yang membaca doa tersebut sebanyak 40 kali setelah sholat subuh tanpa terputus sama sekali, serta ada juga yang membacanya sebanyak 1000 kali setiap hari.

Berikut bacaan doa Nabi Yunus.
Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin

Artinya: Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Keutamaan doa Nabi Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper