Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sejumlah prajurit Komponen Cadangan (Komcad) Kodam XII/Tanjungpura mengikuti upacara pemberangkatan latihan pembulatan di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalimantan Barat. - Antara.
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis: Adu Politik Jalan Menjadi Panglima TNI

Penentuan calon panglima TNI bergantung kepada Surpres yang dikirimkan Presiden.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com
12 Oktober 2021 | 23:27 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Penentuan panglima Tentara Nasional Indonesia menjadi ranah tunggal Presiden dengan persetujuan DPR RI. Dengan demikian, personal seorang panglima dengan Presiden RI menjadi faktor penentu keterpilihan menjadi pemimpin seluruh matra angkatan bersenjata. 

Publik tengah menunggu kepastian calon Panglima TNI diusulkan oleh Presiden Joko Widodo. Pasalnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki usia pensiun pada akhir November 2021 mendatang. Sejumlah kepala matra mengemuka, namun kepastian menunggu surat Presiden ke DPR RI.

Unsur tunggal usulan Presiden dalam pemilihan Panglima TNI selalu mendapat sorotan karena selain kedekatan, juga terdapat faktor diterima oleh semua personil angkatan  bersenjata. Baik darat, laut dan udara. 

Bisnis Indonesia edisi 12 Oktober 2004./Dok. Bisnis Indonesia.

Maka menjadi sebuah kejutan ketika Panglima TNI Laksamana Widodo A.S memperpanjang masa pensiun KSAD Endriartono Sutarto hingga 5 tahun atau sampai 30 April 2007. Sosok yang seharusnya pensiun pada 2002 itu kemudian diusulkan Presiden Megawati menjadi Panglima TNI dan dilantik pada 7 Juni pada tahun yang sama. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top