Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILPRES 2024: PKB Sebut Prabowo Bisa Duet dengan Muhaimin Iskandar

PKB menilai majunya Prabowo di Pilpres 2024 membuat arah poltik makin terpetakan, tak menutup kemungkinan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)./Antara
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik kemungkinan Prabowo Subianto yang mengajukan diri kembali sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (pilpres) 2024, dan mungkin bisa berpasangan dengan Muhaimin Iskandar.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa kepastian bakal majunya kembali Ketua Umum Partai Gerindra itu sebagai capres untuk ketiga kalinya membuat arah politik semakin terpetakan.

”PKB senang kalau Pak Prabowo nyapres lagi. Setidaknya kami dapat mengukur keadaan dari pengalaman yang lalu,” katanya kepada wartawan melalui pesan instan, Selasa (12/10/2021).

Pria yang disapa Gus Jazil ini menjelaskan, bahwa PKB menilai bukan hal yang mustahil untuk menjalin koalisi dengan Partai Gerindra. Akan tetapi, tidak bisa terburu-buru dan harus disusun agenda juga figur yang diharapkan rakyat.

Di saat yang sama, ada keinginan kader PKB agar Ketua Umum Abdul Muhaimin Iskandar ikut dalam gelanggang pesta demokrasi 2024 sebagai capres. Namun, tambah Gus Jazil, secara kebijakan partai belum ada keputusan final, karena PKB tidak mungkin mengusung capres sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

Karena itu, PKB membuka semua kemungkinan untuk berkomunikasi dengan parpol lain, termasuk nantinya untuk membicarakan pasangan capres maupun cawapres.

”Pasangan Muhaimin–Prabowo mungkin atau Prabowo–Muhaimin dapat saja terjadi. Yang penting dapat merebut hati rakyat dan menang menerima amanat,” tutur Wakil Ketua MPR ini.

Gus Jazil menegaskan bahwa PKB sebagai partai yang moderat bisa membuka komunikasi dengan parpol manapun.

”Selama ini kami juga terus menjalin komunikasi dengan parpol-parpol lain. Dan PKB cukup bisa diterima dengan baik, bahkan selama ini selalu menjadi penentu kemenangan,” urainya.

Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa Prabowo dipastikan akan Kembali maju capres pada pilpres 2024. Ini karena masih banyak dukungan dan permintaan dari para kader.

“Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud,” ujar Muzani saat Rakorda DPD Gerindra Sulawesi Selatan, Minggu (10/10/2021).

Muzani mengatakan bahwa meski belum ada pernyataan langsung dari Prabowo, aspirasi dari para kader Partai Gerindra itu akan diteruskan.

”Dengan tidak mendahului jawaban beliau, saya katakan sekali lagi, insyaallah Pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper