Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI Hingga Lebih dari Rp1 Miliar

Dukungan ATENSI ini terdiri dari bantuan kewirausahaan untuk 539 penerima manfaat yang berupa usaha barbershop, usaha klontong, usaha bengkel, usaha service AC dan usaha ternak.
Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau kerusakan fasilitas bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulbar pada Sabtu 16 Januari 2021 - Dok. Humas Kemensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau kerusakan fasilitas bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulbar pada Sabtu 16 Januari 2021 - Dok. Humas Kemensos

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Sosial menyampaikan akan terus berkomitmen untuk menyalurkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Dikutip melalui laman resminya, dukungan ATENSI kali ini diberikan secara simbolis oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini dan Anggota Komisi VIII DPR RI, Samsu Niang kepada Penerima Manfaat dan Yatim, Piatu dan Yatim Piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19 di Takalar dengan total senilai Rp1,1 miliar.

Risma menjelaskan, dukungan ATENSI ini terdiri dari bantuan kewirausahaan untuk 539 penerima manfaat yang berupa usaha barbershop, usaha klontong, usaha bengkel, usaha service AC dan usaha ternak. 

Adapun, bantuan aksesibilitas untuk 25 penerima manfaat yang terdiri dari Alat Bantu Dengar (ABD), HP bicara, tongkat penuntun adaptif, laptop bicara, kursi roda, porthese, kruk dan tongkat kaki tiga. 

Selanjutnya bantuan kebutuhan dasar untuk 24 penerima manfaat berupa sembako dan nutrisi. Serta bantuan anak yatim, piatu dan yatim piatu yang juga diserahkan langsung oleh Mensos Risma untuk 97 anak yang ditinggal orang tua akibat Covid-19.

"Kita berikan bantuan tiap bulan untuk mereka agar tetap bisa sekolah. Jadi, anak yang belum sekolah akan mendapatkan Rp.300.000/bulan, yang sudah sekolah Rp.200.000/bulan," tutur Risma, Jumat (8/10/2021).

Selain bantuan yang diberikan, Risma juga turut memberikan penguatan dan motivasi, salah satunya kepada anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19. 

"Kalian tidak perlu merasa sendiri, tidak boleh takut, tidak boleh rendah diri. Kalian pasti bisa kalau kalian mau, karena semua diberikan kesempatan untuk berhasil dan sukses," tegas Risma.

ATENSI kali ini pun juga merupakan kolaborasi dari beberapa Balai dan Loka yaitu Balai Gau Mabaji Gowa, Balai Nipotowe di Palu, Balai Wirajaya Makassar, Balai Tumou Tou Manado, Balai Todopuli Makassar, Loka Karya Pangurangi Takalar, Loka NAPZA Pangurangi Takalar.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Samsu Niang memberikan apresiasi terhadap Kementerian Sosial. Menurutnya, langkah ini merupakan hal yang patut diapresiasi, karena cepat dan tanggap untuk menyelesaikan masalah. 

“Dengan memanggil semua himbara, kepala dinas sosial kabupaten/kota, dinas sosial provinsi, pendamping, polda, itu adalah semua upaya-upaya untuk mempercepat penyaluran bagi penerima manfaat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper