Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kartunis Pembuat Kartun Nabi Muhammad Tewas dalam Kecelakaan Mobil

Kabar kematian Lars Vilks dikonfirmasi oleh beberapa media Swedia. Surat kabar Dagens Nyheter mengatakan pasangan mengkonfirmasi kematian seniman kontroversial yang pernah menggambar kartun Nabi Muhammad.
Lars Vilks, kartunis asal Swedia pembuat kartun Nabi Muhammad, meninggal dunia/Guardian.com
Lars Vilks, kartunis asal Swedia pembuat kartun Nabi Muhammad, meninggal dunia/Guardian.com

Bisnis.com, JAKARTA – Lars Vilks, Kartunis asal Swedia sekaligus pembuat kartun Nabi Muhammad dilaporkan tewas dalam kecelakaan mobil, Minggu (3/10/2021).

Kabar kematian Lars Vilks dikonfirmasi oleh beberapa media Swedia. Surat kabar Dagens Nyheter mengatakan pasangan mengkonfirmasi kematian seniman kontroversial tersebut.

Sementara itu, kantor berita Swedia TT mengatakan polisi telah mengkonfirmasi bahwa Vilks, yang berusia 75 tahun, sedang bepergian dengan dua petugas polisi yang juga tewas.

Menurut sumber polisi, tabrakan maut tersebut melibatkan mobil polisi, kendaraan sipil, dan Minggu sore (3/10/2021) di luar Markaryd. Ketiga mobil tersebut terbakar dan sopir truk dibawa ke rumah sakit.

“Dengan sangat cemas dan sedih saya menerima kabar bahwa dua rekan dan petugas keamanan kami meninggal sore ini. Pikiran saya tertuju pada kerabat, keluarga, teman, dan rekan kerja," ujar Kepala Polisi Nasional Anders Thornberg, seperti dilansir dari Guardian.com, Senin (4/10/2021).

Stefan Sintéus, Kepala Unit Investigasi Regional yang bertanggung jawab atas perlindungan pribadi di wilayah tersebut mengatakah peristiwa itu sangat tragis.

"Sekarang penting bagi kami untuk melakukan segala yang kita bisa untuk mencari tahu apa yang terjadi di lokasi dan apa yang menyebabkan tabrakan," imbuhnya.

Meski berstatus seniman, Vilks tidak dikenal di sebagian besar negara di luar Swedia. Namanya Vilks tiba-tiba dicari oleh umat muslim di seluruh dunia setelah dia menggambarkan kepala Nabi Muhammad di atas tubuh seekor anjing.

Di Swedia, Vilks terkenal karena membangun patung yang terbuat dari kayu apung di cagar alam di Swedia selatan tanpa izin. Hal itu bahkan memicu pertempuran hukum yang panjang.

Gara-gara hal itu, Vilks dikenakan denda. Namun, patung di tepi laut dengan tumpukan kayu yang dipaku tersebut menarik puluhan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper