Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati Hadiri Peresmian Patung Soekarno Setinggi 14 Meter di Semarang secara Virtual

Patung Bung Karno yang dibangun PT KAI di Semarang dibuat oleh seniman I Nyoman Nuarta setinggi 14 meter.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri./Dok.PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri./Dok.PDIP

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bersama keluarga dijadwalkan hadir secara virtual dalam acara peresmian patung Proklamator RI Soekarno yang dibangun oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Ibu Megawati akan ikut hadir dalam acara peresmian. Karena pandemi Covid-19, beliau dan keluarga hadir secara daring. Ibu Megawati direncanakan memberikan sambutan," kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, Rabu (29/9/2021).

Menurutnya, kehadiran patung itu semakin memperkuat getaran kehadiran Putra Sang Fajar di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan, masyarakat Indonesia terus berjuang mewujudkan cita-cita pendiri bangsa, yakni Indonesia Raya yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Hasto juga menyatakan seluruh jajaran DPP PDIP berterima kasih kepada PT KAI serta warga masyarakat Semarang atas dibangunnya patung Soekarno yang akan diresmikan itu.

“Bagi PDIP, PT KAI akan selalu menjadi bagian dari sejarah bangsa,” ujarnya.

Mengutip sejarah, pada masa awal kemerdekaan, tepatnya 3 Januari 1946, Soekarno-Hatta melakukan perjalanan 'hijrah' bersejarah ke Yogyakarta menumpangi kereta api.

Perjalanan yang tak mudah dilakukan di tengah kuatnya pengawasan penjajah Belanda yang masih berjejak di Nusantara saat itu, namun berhasil diwujudkan.

“Dalam masa sulit, Bung Karno pernah bekerja di Perusahaan Kereta Api Belanda di Jawa Timur. Hubungan emosional telah terbangun ketika Bung Karno menjadi buruh di perusahaan kereta api tersebut,” kata Hasto.

Patung Bung Karno yang akan diresmikan itu merupakan bagian dari pekerjaan penataan kawasan stasiun Tawang, Area Kota Lama, Semarang.

Satu pekerjaan adalah plasa patung Bung Karno, dua lainnya adalah pembangunan masjid stasiun yang bisa menampung 1.000 jamaah dan pembangunan gate-in/gate-out.

Patung Bung Karno itu sendiri dibuat oleh seniman I Nyoman Nuarta setinggi 14 meter.

Lokasinya yang dikelilingi air karena dibangun di atas polder yang terletak di area Stasiun Tawang digadang-gadang bahwa patung ini akan menjadi patung Bung Karno tertinggi di dunia.

PDIP pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi juga kepada Menteri BUMN Erick Thohir, sehingga Patung Bung Karno dapat berdiri kokoh di Semarang.

Selain Megawati, Direksi dan mantan petinggi PT KAI juga dijadwalkan akan hadir di acara itu, termasuk Direktur Utama Didiek Hartyanto dan mantan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama wakilnya Hevearita G. Rahayu juga dijadwalkan hadir bersama unsur forkopimda setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper