Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unggul di Poling Nikkei, Taro Kono Dekati Kursi Perdana Menteri Jepang

Kono meraih 27 persen suara untuk menjadi pemimpin LDP, partai yang berkuasa di Jepang, di mana pemimpinnya berpeluang besaar naik menjadi perdana menteri.
Menlu Jepang Taro Kono/Reuters
Menlu Jepang Taro Kono/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Vaksin Jepang Taro Kono meraih suara tertinggi sebagai calon pengganti Perdana Menteri Yoshihide Suga, berdasarkan poling yang dilakukan Nikkei dan TV Tokyo.

Dilansir Bloomberg pada Minggu (12/9/2021), dalam poling tersebut, Kono meraih 27 persen suara untuk menjadi pemimpin LDP, partai yang berkuasa di Jepang, di mana pemimpinnya berpeluang besaar naik menjadi perdana menteri.

Sementara itu, mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba berada di posisi kedua dengan raihan suara sebesar 17 persen dan eks menteri Fumio Kishida di posisi ke-3 dengan perolehan suara 14 persen.

Eks menteri dalam negeri Sanae Takaichi, yang tengah berupaya menjadi perdana menteri pertama Jepang meraih perolehan suara 7 persen di posisi ke-5.

Suga memutuskan mundur dan tidak akan melanjutkan kepemimpinannya pada 3 September lalu setelah 1 tahun bertugas. Tingkat dukungan terhadap Suga anjlok lantaran banyak dikritik soal penanganan pandemi.

Kono menjadi pembuat kebijakan ketiga setelah Kishida and Takaichi yang masuk ke dalam bursa calon pemimpin LDP dalam deklarasi pada Jumat.

Jajak pendapat Nikkei juga menunjukkan persetujuan kabinet saat ini sebesar 36 persen, hampir tidak berubah dari 34 persen pada bulan sebelumnya. Angka tersebut juga lebih rendah dari suara ketidaksetujuan sebesar 56 persen. Survei ini diikuti oleh 984 pria dan wanita berusia di atas 18 tahun yang dihubungi secara acak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper