Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Australia Ingin Jadikan Asean Sebagai Pusat Indo Pasifik

Australia ingin bekerja sama dengan Indonesia untuk menjadikan Asean sebagai pusat kawasan Indo Pasifik.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 10 September 2021  |  08:08 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne disela Dialog Tingkat Tinggi tentang Kerja Sama Indo-Pasifik di Jakarta, Rabu (20/3/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne disela Dialog Tingkat Tinggi tentang Kerja Sama Indo-Pasifik di Jakarta, Rabu (20/3/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Australia akan menjadikan kerja sama dengan Asean sebagai pusat untuk membangun kawasan Indo Pasifik yang menjunjung tinggi kedaulatan negara dan mematuhi hukum internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne dalam pidatonya soal Indo-Pasifik ketika mengunjungi Jakarta pada Kamis (9/9/2021).

Payne bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menghadiri pertemuan 2+2.

"Visi Australia untuk masa depan kawasan kita menjadikan Asean sebagai pusatnya," kata Payne dikutip, Jumat (10/9/2021).

Payne mengatakan Indonesia telah menjadi pendukung utama bagi kawasan Indo-Pasifik dan berkomitmen untuk membangun kerja sama di beberapa area seperti maritim, konektivitas, pencapaian SDGs, dan pengembangan ekonomi.

Untuk itu, dia berkomitmen untuk membangun kerja sama dengan Indonesia yang disebutnya sebagai ekonomi raksasa, yang juga seorang sahabat dan tetangga yang memegang nilai dan kepentingan yang sama.

"Australia ingin melihat Indo-Pasifik yang merangkul dan bekerja sama ketimbang memaksa, yang menjunjung tinggi hak dan kedaulatan negara," kata Payne.

Dia menekankan pentingnya memberdayakan semua negara baik yang besar dan kecil untuk terlibat dan makmur dalam lingkungan terbuka yang inklusif dan berbasis aturan.

"Kawasan yang mendukung level playing field berdasarkan hukum dan norma Internasional untuk memandu persaingan yang sehat dan memastikan bahwa persaingan tidak mengarah pada konflik atau ketidakstabilan," tambah Payne.

Australia telah membagikan 1 juta dosis vaksin AstraZeneca kepada Indonesia sebagai komitmen dari 2,5 juta vaksin sepanjang 2021. Bantuan tersebut juga diikuti dengan bantuan ventilator dan konsentrator.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

australia prabowo subianto retno marsudi
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top