Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Peringatan 20 Tahun Tragedi 9/11, Joe Biden Bakal Kunjungi Lokasi Serangan

Ada empat kota yang akan dikunjungi Preisden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris yaitu New York, Shanksville, Pennyslvania, dan Virginia.
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden./Antara-Reuters
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang peringatan serangan teroris 9/11 dan sekaligus peringatan 20 tahun tragedi ini, Presiden Amerika Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris dijadwalkan untuk mengunjung titik-titik serangan pada Sabtu pekan ini (11/9/2021).

Gedung Putih menyatakan, ada empat kota yang akan dikunjungi mereka yaitu New York, Shanksville, Pennyslvania, dan Virginia.

"Kamal Harris dan Dough Emhoff [bapak negara kedua], di Shanksville, akan berkunjung situs kecelakaan pesawat penerbangan United 93. Itu event terpisah sebelum berkumpul kembali dengan Presiden Joe Biden dan Ibu Negara," ujar pernyataan pers Gedung Putih, Minggu (5/9/2021).

Khusus kunjungan di New York, Gedung Putih menyampaikan bahwa mantan Presiden Barack Obama akan turut hadir di lokasi. Sementara itu, untuk mantan Presiden George W. Bush, yang memimpin Amerika saat tragedi 9/11 terjadi, akan ikut dalam kegiatan di Shanksville.

"Presiden George W Bush akan membacakan pidato dalam upacara berkabung yang dihadiri keluarga korban penerbangan United Flight 93," ujar keterangan pers George W. Bush Presidential Center.

Dari keempat lokasi tujuan, Virginia bakal menjadi titik terakhir. Adapun, peringatan bakal ditutup di gedung Kementerian Pertahanan Amerika, Pentagon, yang berlokasi di kota Arlington.

Sebagai tambahan, Joe Biden juga telah meminta Biro Intelijen Federal (FBI) untuk mempbulikasikan laporan intelijen perihal teror 9/11. Permintaan itu disampaikan lewat perintah eksekutif yang diterbitkan pada Jumat kemarin. Pertimbangan Joe Biden, keluarga korban teror 9/11 berhak mendapat gambaran utuh soal peristiwa terkait.

"Menjelang peringatan 20 tahun tragedi 9/11, warga Amerika berhak untuk mendapat gambaran komplit soal apa yang kami tahu soal serangan teror itu," ujar Joe Biden.

Joe Biden, dalam perintah eksekutifnya, mengaku bahwa publikasi laporan intelijen 9/11 bisa berdampak pada keamanan nasional dan kemampuan mencegah serangan serupa ke depannya, itu resiko yang mereka akan ambil. Menurutnya, transparansi dan akuntabilitas juga penting.

Selama ini, keluarga korban 9/11 terus mendesak Pemerintah Amerika untuk mempublikasikan laporan intelijen. Salah satu hal yang ingin mereka ketahui adalah temuan Operasi Encore, investigasi Amerika perihal dugaan keterlibatan Arab Saudi. Sebab, dua pejabat Arab Saudi dilaporkan melakukan kontak dengan dua teroris 9/11.

Di Riyadh, pemerintah Arab Saudi dituntut oleh keluarga korban. Mereka membantah segala tuduhan yang ada siap menghadapi tuntutan keluarga korban 9/11 di pengadilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper