Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Kerja Alat Tes PCR Metode Kumur Milik BioFarma Bernama BioSaliva

PT Biofarma mengeluarkan produk bernama BioSaliva yang merupakan alat tes PCR Covid-19 dengan metode kumur.
Alat uji untuk mendeteksi Covid-19 dengan metode kumur (gargling) yakni BioSaliva yang merupakan inovasi terbaru hasil kolaborasi Bio Farma dan perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics./Antararn
Alat uji untuk mendeteksi Covid-19 dengan metode kumur (gargling) yakni BioSaliva yang merupakan inovasi terbaru hasil kolaborasi Bio Farma dan perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics./Antararn

Bisnis.com, SOLO - PT Biofarma mengeluarkan produk baru berupa alat diagnosis virus Covid-19 dengan metode kumur, bernama BioSalive.

Alat tes RT Polymerase Chain Reaction (PCR) tersebut memiliki sensitifitas hingga 95% sehingga dapat digunakan sebagai alternatif selain menggunakan PCR Kit.

BioSaliva yang telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan pada 1 April 2021 dengan Nomor KEMENKES RI AKD 10302120673, berfungsi untuk deteksi RNA Sars-CoV2 penyebab COVID-19 dengan metode RT PCR menggunakan sampel gargled saliva.

Dikutip dari laman Kemenkes.go.id, umur simpan BioSaliva bisa mencapai 2 tahun.

Sampel saliva yang dihasilkan juga dapat stabil di suhu ruang hingga 30 hari, suhu -20C, dan suhu -80C.

Bio Farma pun tengah melakukan uji post market di Kementerian Kesehatan dan di tiga laboratorium, yakni Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; Laboratorium Biomedik Lanjut Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran; dan Laboratorium Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga.

Cara tesnya, pengguna BioSaliva dianjurkan tidak makan selama 1 jam sebelum berkumur. Kemudian alat tes digunakan dengan cara berkumur di tenggorokan bagian dalam.

Sebelum berkumur, pengguna BioSaliva dianjurkan batuk sedikit untuk mengeluarkan dahak tanpa dibuang.

Selanjutnya masukan cairan kumur yang tersedia dalam kemasan BioSaliva ke dalam mulut dan mulai berkumur di bagian dalam tenggorokan.

Cairan kumur kemudian dikeluarkan ke dalam wadah untuk dicampurkan dengan larutan pencampur yang juga tersedia dalam kemasan.

Kocok sampel, kemudian kirim ke laboratorium untuk dicek hasilnya.

Direktur pemasaran Bio Farma dr. Sri Harsi Teteki mengatakan, Biofarma terus berkontribusi dalam melakukan proses kemandirian dalam hal diagnosis Covid-19.

"Seperti kita ketahui banyak sekali produk yang masih impor, sehingga atas riset yang kita lakukan (melalui BioSaliva) mudah-mudahan bisa menjadi pilihan dari Kementerian Kesehatan untuk regulasi ke depannya produk dalam negeri ini bisa diutamakan," katanya dalam pertemuan langsung antara Biofarma dan Kementerian Kesehatan di gedung Biofarma, Bandung, Kamis (2/9/2021).

Direktur Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Ir. Sodikin Sadek, M.Kes pun mengapresiasi Biofarma atas lahirnya produk BioSaliva.

"Saya apresiasi hasil penelitian ini karena ini produk dalam negeri," kata Sodikin.

Menurut Biofarma, produk ini menjawab tantangan laboratorium klinis akan kebutuhan testing dengan kondisi lapangan di Indonesia, yang umumnya jauh dari fasilitas kesehatan.

Diharapkan pula, tes PCR dengan metode kumur dapat berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas tracing nasional terutama untuk kalangan anak-anak dan lansia.

ke depannya, proses pengambilan sampel dapat dilakukan di area non-medis dengan pengawasan tenaga kesehatan, sehingga mengurangi kerumunan dan menghindari kontak.

Adanya BioSaliva ini pun diharapkan bisa menjadi solusi pengambilan sampel dalam jumlah yang banyak tanpa perlu menambah tenaga medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper