Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Zikir Pagi dan Sore serta Keutamannya

Berikut ini bacaan zikir pagi dan sore yang bisa dijadikan sebagai refrensi untuk meningkatkan ibadah Anda.
Ilustrasi berdoa usai salat/nu.or.id
Ilustrasi berdoa usai salat/nu.or.id

Bacaan Zikir Pagi dan Sore serta Keutamannya
Bisnis.com,JAKARTA - Zikir adalah aktivitas ibadah lisan dengan cara menyebut puji-pujian kepada Allah SWT yang dilakukan secara berulang-ulang.

Bagi umat muslim, zikir sangat dianjurkan agar senantiasa mengingat Allah dan sebagai penjaga tiang iman.

Keutamaan zikir dapat dilakukan pada waktu pagi dan petang, yakni antara subuh sampai terbit matahari serta pada waktu ashar sampai maghrib.

Sebagaimana Allah SWT berfirman:

"Hai orang-orang beriman, janganlah harta-harta kalian dan anak-anak kalian melalaikan kalian dari mengingat Allah. Barang siapa berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi." (QS. al-Munaafiquun [63]:9).

Berikut ini bacaan zikir yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Bismillahilladzii Laa Yadhurru Ma'asmihi Syai-Un Fil Ardhi Wa Laa Fissamaa-I, Wa Huwassamii'ul 'Alimm (U)

Artinya:

Dengan nama Allah, yang bila namaNya disebut, segala sesuatu yang berada di bumi dan di langit tidak akan berbahaya, Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

2. Allahu Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyum(U), Laa Ta`Khudzuhu Sinatun Walaa Naum(Un), Lahuu Maa Fissamaawaati Wa Maa Fil Ardhi, Man Dzalladzi Yasyfa'u 'Indahu Illaa Bi Idznih(I), Ya'lamu Maa Baina Aidihim Wama Kholfahum, Walaa Yuhituna Bi Syai-In Min 'Ilmihii Ilaa Bimaa Syaa-A, Wasi'a Kursiyyuhussamaawaati Wal Ardhi, Walaa Ya-Uuduhu Hifzhuhumaa Wahuwal 'Aliyyul 'Azhiim(I)

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (MakhlukNya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisiNya tanpa seizinNya. Dia mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar.

3. Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan Surah An Naas, masing-masing sebanyak 3 kali seperti pada sabda Rasulullah s.a.w. dibawah ini yang diriwayat oleh Abu Daud dan Tirmidzi :

Rasulullah mengatakan kepada Abdullah bin Khubaib : "Bacalah Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas, di waktu pagi dan sore sebanyak 3 kali. Itu cukup bagimu untuk mencegah semua marabahaya." (H.R Abu Daud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Albani)

4. Hasbiyallahu Laa Ilaaha Illaa Huwa, 'Alaihi Tawakkaltu, Wahuwa Rabbul 'Arsyil 'Azhiim(I)

Artinya:

Cukuplah bagiku Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Dia, hanya kepadanya aku bertawakal, Dialah Tuhan Arsy yang sangat agung.

5. Allahumma Anta Rabbi Laa Ilaaha Illa Anta, Khalaqtani wa Anaa 'abduka, wa Anaa 'alaa 'ahdika Mastatha'tu, A'uudzubika min Syarrimaa Shana'tu, Abu-u laka Bini'matika 'Alayya, Wa Abuu-u laka Bidzanbii, Faghfirlii Fainnahu la Yaghfirudz Dzunuuba Illaa Anta.

Artinya:

Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hambaMU, aku akan setia pada perjanjianku denganMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui segala nikmat Mu kepadaku dan aku mengakui semua dosaku, oleh karena itu ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.

6. Allahumma 'aafinii fii badanii, allahumma 'aafinii fii sam'ii, allahumma 'aafinii fii basharii, laa ilaaha illaa anta. Allahumma innii a'uudzubika minal kufri wal faqri, allahumma innii, allahumma innii a'uudzubika min 'adzaabil qabri, laa ilaaha illaa anta.

Artinya:

Ya Allah, selamatkanlah tubuhku (dari penyakit maksiat dan segala yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkanlah pendengaranku, Ya Allah, selamatkanlah penglihatanku, tiada Tuhan yang layak disembah kecuali Engkau. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.

7. Laa Ilaaha Illallahu Wahdahu Laa Syariika Lahu Lahul Mulku Walahul Hamdu Yuhyi Wa Yumitu Wa Huwa 'Alaa Kulli Syai-In Qadiir(Un)

Artinya:

Tiada sesembahan  yang berhak disembah melainkan Allah semata, tiada sekutu bagiNya, semua kerajaan dan segala pujian hanyalah milikNya, Dia mampu menghidupkan dan mematikan, dan dia Maha berkuasa atas segala sesuatu. 

8. Laa Ilaaha Illallahu Wahdahu Laa Syariika Lahu Lahul Mulku Walahul Hamdu Wa Huwa 'Alaa Kulli Syai-In Qadiir(Un) 

Artinya:

Tiada sesembahan  yang berhak disembah melainkan Allah semata, tiada sekutu bagiNya, semua kerajaan dan segala pujian hanyalah milikNya, dan dia Maha berkuasa atas segala sesuatu.

 9. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar.

Artinya:

Maha suci Allah (100 kali), segala puji bagi Allah (100 kali), Maha Besar Allah (100 kali).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper